Strategi Kedaulatan Pangan dari Nabi Yusuf

Berita

Home » Berita » Strategi Kedaulatan Pangan dari Nabi Yusuf

Tak hanya diberkahi wajah yang tampan, Nabi Yusuf juga dikaruniai Allah kecerdasan dan mukjizat untuk menafsirkan mimpi. Tahukah Sahabat, melalui mukjizatnya ini dan izin Allah, beliau berhasil menyelamatkan Mesir dari kelaparan akibat kemarau panjang lho.

Bagaimanakah sepak terjang Nabi Yusuf, yuk kita ikuti kisah beliau.

Suatu hari, raja Mesir memimpikan hal yang janggal. Ia pun memanggil seluruh penafsir mimpi dari seantero Mesir untuk mencari tahu maknanya. Sayangnya, tak ada penjelasan yang berhasil memecahkan teka-teki tersebut.

Salah seorang pelayan yang pernah dipenjara pun teringat dengan sosok Nabi Yusuf. Dulu, si pelayan dan seorang juru masak pernah dijebloskan di ruangan yang sama dengan Nabi Yusuf karena dugaan meracuni raja. Dari takwil mimpi Nabi Yusuf, tahulah pelayan itu bahwa ia akan segera bebas.

Dia pun meminta izin kepada raja untuk menemui beliau. Begitu bertemu, si pelayan menceritakan mimpi aneh yang dialami sang raja. Dalam mimpinya, raja melihat tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk di makan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan tujuh lainnya yang kering.

Nabi Yusuf pun menjelaskan bahwa tidak lama lagi Mesir akan dilanda musim paceklik selama 7 tahun. Namun sebelumnya, akan diberkahi kesuburan selama 7 tahun. Pada saat itu, kesempatan bagi mereka untuk mengumpulkan bahan makanan agar dapat bertahan di masa sulit.

Setelah sang raja mendengar penjelasan pelayannya, Nabi Yusuf dipanggil ke istana. Kagum dengan kepandaian Nabi Yusuf, raja pun membebaskan beliau dari penjara dan namanya dibersihkan dari fitnah. Sejak hari itu Nabi Yusuf membantu raja dalam menghimpun hasil panen selama masa subur dan mendistribusikan bantuan pada masa paceklik.

Dari kisah tersebut, kita menyadari pentingnya kedaulatan pangan pada masa krisis seperti saat ini. Melalui program Lumbung Desa, Sinergi Foundation berikhtiar memberdayakan petani serta menaikkan hasil pertanian sehingga dapat berperan aktif dan menjadi bagian dari menjaga ketahanan pangan di Indonesia.

Sahabat, seluruh aktivitas pemberdayaan di Lumbung Desa didanai dari #SinergiZakat kita. Di masa krisis, pemberdayaan ini perannya menggelinding besar, dan berkontribusi dalam membantu orang-orang kecil yang terdampak pandemi.

Yuk terus #SinergiZakat, dan berperan dalam membantu dhuafa bertahan di tengah COVID-19!

KLIK Donasi di :
bit.ly/SinergiZakat

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by