Donasi untuk Wakaf Produktif

Wakaf juga bisa dipakai untuk sektor bisnis, lho. Gimana skemanya?

Wakaf secara bahasa berasal dari kata wa-qa-fa (وقف) yang berarti berhenti, menghentikan, atau dapat pula berarti menahan. Sederhananya, seseorang yang berwakaf berarti ia menyerahkan harta miliknya untuk ditahan (diserahkan untuk dikelola), agar harta tersebut dapat menghasilkan manfaat dari waktu ke waktu.

Tahukah Sahabat, praktik wakaf ini sendiri pertama kali di praktikkan oleh Rasulullah SAW. Pada tahun ke 3 H, seseorang bernama Mukhairiq mendermakan (mewakafkan) tujuh bidang kebun buah-buahan miliknya di Madinah setelah dia meninggal. Lalu Rasulullah pun mengambil alih kepemilikan kebun ini dan menetapkannya sebagai wakaf untuk diambil manfaatnya bagi fakir-miskin.

Praktik yang dilakukan oleh Rasulullah ini pun diikuti oleh para Sahabat yang turut berlomba-lomba mewakafkan hartanya untuk bisa berkontribusi demi kemaslahatan umat.

Nyatanya, wakaf berkontribusi besar dalam kejayaan Islam. Dalam perkembangannya wakaf berperan di banyak sektor seperti pendidikan, kesehatan, pertahanan, sosial, dan termasuk di sektor bisnis. Ini mengapa Islam menjadikan wakaf sebagai solusi untuk kemiskinan dan permasalahan sosial.

Lalu bagaimana skema wakaf untuk sektor bisnis?

Sebagai Lembaga Investasi Wakaf, Sinergi Foundation mempunyai beberapa portofolio aset wakaf yang bergerak di dua sektor; Sektor Sosial dan Sektor Bisnis.

Beberapa aset wakaf Sinergi Foundation yang berada di ranah bisnis adalah sebagai berikut ;

1. Rumah Makan Ampera
2. Produk Fashion Yesa Malika
3. Ina Cookies
4. Wakaf Integrated Farming / Peternakan
5. Cuanki Serayu
6. Kopi Haii
7. Soerabi Enhaii
8. Sewa Gedung Training Center
9. Perumahan Syariah di Purwakarta

wakaf-produktif-ampera-pasteur

wakaf-produktif-yesamalika

wakaf-produktif-ina-cookies

wakaf-produktif-integrated-farm

wakaf-produktif-cuanki-serayu

wakaf-produktif-kopi-haii

wakaf-produktif-surabi-enhaii

wakaf-produktif-training-centre

wakaf-produktif-perumahan

Sebagaimana tujuan wakaf pada dasarnya, wakaf di sektor bisnis ini pun tidak lain diperuntukkan untuk kemaslahatan umat. Sebab, hasil keuntungan yang mengalir dari semua aset bisnis tersebut juga disalurkan untuk program sosial di Sinergi Foundation seperti ; Rumah Bersalin Cuma-Cuma (Rumah persalinan gratis bagi ibu dhuafa), Kuttab Al-Fatih (sekolah islam gratis untuk semua kalangan), dan program sosial lainnya.

Dengan kata lain, Wakaf Produktif adalah wakaf yang diperuntukkan di sektor bisnis, namun keuntungannya mengalir untuk kepentingan sosial.

Kami mengajak Sahabat semua untuk turut berdonasi dalam Wakaf Produktif Sinergi Foundation. Nantinya, donasi wakaf Sahabat diinvestasikan dalam aset wakaf bisnis Sinergi Foundation di sektor riil. Yang tercakup pada : pengembangan usaha dan pemberdayaan karyawan (pengelola bisnis).

Insya Allah, donasi wakaf sahabat menjadi pahala jariyah, sebab harta yang Sahabat wakafkan tertahan pokoknya dan terus dijaga untuk dialirkan manfaatnya kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Jika anak keturunan Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang senantiasa mendoakannya.” (HR. Muslim no. 1631)

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×