Profil Lembaga

PROFIL

SINERGI FOUNDATION (SF) adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah). Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, SF berkomitmen meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.

SEJARAH LOGO

Sinergi, sebuah kata yang  menghimpun sejuta makna. Ia kini sudah menjadi bagian dari keseharian kita dalam berinteraksi dengan sesama. Kebersamaan, kemitraan, kerjasama, penggabungan, kepedulian, dan masih banyak lagi. Karenanya, gabungan dua huruf  ‘S’, yang diambil dari huruf pertama kata Sinergi, terasa pas untuk dijadikan sebagai identitas visual (logo), penanda  Sinergi Foundation ada. Huruf ‘S’ yang tak terpisahkan satu sama lain, memendarkan makna komitmen bersama untuk membangun dan menggapai tujuan dengan tegas dan selaras.

Identitas visual (logo) itu lantas dikuatkan dengan penegasan, bahwa SINERGI FOUNDATION  adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi  Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS. Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, SF berkomitmen meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter. Hal ini kemudian disaripatikan dalam sebuah Corporate Slogan (tagline) #BerbagiBersinergi (sharing benefits).

SEJARAH

Pada 14 Oktober 2002, embrio Yayasan Semai Sinergi Umat didirikan oleh Prof. Dr. KH. Miftah Faridl, yang sekaligus menjadi Ketua Dewan Pembina. Turut serta menandatangani akta Yayasan sebagai anggota Dewan Pembina, antara lain: H. Rachmat Badruddin (Pengusaha / Ketua Dewan Teh Indonesia), H. Achmad Noe’man dan H. Erie Sudewo (Social Enterpreneur / Pendiri Dompet Dhuafa Republika). Adapun pendirian Yayasan tersebut disaksikan langsung di depan Notaris Evy Hybridawati Wargahadibrata, SH.

Dalam kiprahnya di tengah masyarakat, embrio Yayasan Semai Sinergi Umat telah memunculkan beragam aktivitas program pemberdayaan yang inspiratif di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan santuan (Charity). Hal Ini tercermin antara lain dengan lahirnya: Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM), SF Rescue, Sinergi dan Advokasi Bebas Rentenir, Ternakita, Beasiswa Pemimpin Bangsa (BPB), MyTeacher, Sekolah untuk Semua, juga Pesantren Teraphis. Dalam perkembangannya, lahir pula Lembaga Wakaf Produktif (WakafPro 99), Tabloid Alhikmah, Green Akikah, Sinergi Training Center dan beberapa lainnya.

Seiring perkembangan lembaga, yang berbanding lurus dengan kompleksitas problematika umat yang mengemuka, menuntut perubahan format kelembagaan, sebagai bentuk penyelerasan.  Karenanya, dalam Rapat Resmi Dewan Pembina per tanggal 17 Februari 2011, Embrio Yayasan Semai Sinergi Umat berubah menjadi Yayasan Semai Sinergi Umat (Sinergi Foundation). Perubahan tersebut secara formil disahkan dalam Akta Notaris Nomor 24, tanggal 17 Februari 2011, yang dibuat oleh Notaris Evi Hibridawaty, SH. Dan diputuskan oleh Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU – 5622.AH.01.05. Tahun 2011 tentang Perubahan Anggaran Dasar Yayasan Pasal 1 dan Pasal 5, yaitu Perubahan Nama menjadi Yayasan Semai Sinergi Umat atau Sinergi Foundation.

 

Nazhir Wakaf, sesuai SK BWI  (Badan Wakaf Indonesia) Surat Tanda Bukti Pendaftaran Nadzir 
Nomor Pendaftaran : 3.3.00056

Lembaga Amil Zakat sesuai SK Menteri Agama DJ.III/564 Tahun 2016

VISI

Pengembang Kreativitas dan Inovasi Sosial – Pemberdayaan Berbasis Wakaf Produktif dan ZIS.

MISI

  • Mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi sosial – pemberdayaan berbasis wakaf produktif dan ZIS.
  • Membangun sinergi antar elemen peduli, guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian kepada masyarakat.
  • Meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.

TUJUAN

  • Terlaksananya pengembangan kreativitas dan Inovasi sosial – pemberdayaan berbasis wakaf produktif dan ZIS.
  • Terwujudnya sinergi antar elemen peduli, guna meningkatkan serta memperluas kapasitas khidmat/ pengabdian kepada masyarakat.
  • Terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter, melalui pendayagunaan sumberdaya lokal.

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by