bank aset wakaf, wakaf, umat, aset wakaf, di Indonesia, wakaf di Indonesia, Indonesia

Bank Aset Wakaf Perkuat Kolaborasi Umat

Wakaf itu solusi. Begitu kalimat yang tertulis di banner besar dalam launching dan seminar Bank Aset Wakaf (BAW) pada Jumat (15/3) yang digelar di Auditorium PLN Ragunan, Jakarta Selatan.

Seminar ini dihadiri oleh banyak instansi dan lembaga wakaf. Founder BAW, Erie Sudewo, menjelaskan Bank Aset Wakaf akan berperan sebagai wadah kolaborasi para nadzir (pengelola wakaf) di Indonesia.

CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan, yang juga turut menjadi pembicara dalam seminar tersebut, menyambut baik inovasi BAW. Sinergi Foundation sebagai portofolio lembaga wakaf yang dinilai sudah mampu mengembangkan berbagai program di ranah sosial pemberdayaan, kesehatan, serta pendidikan melalui dana wakaf produktif ini juga akan membuka peluang kolaborasi dan terus berinovasi untuk menyokong kemajuan umat.

Dalam beberapa tahun terakhir, kebangkitan wakaf di Indonesia cukup menjadi sorotan. Dengan didirikannya Badan Wakaf Indonesia (BWI) oleh Pemerintah serta peraturan perundang-undangan khusus yang mengatur mengenai perwakafan di Indonesia, seolah menjadi bukti bahwa aset umat yang terkumpul dari dana wakaf dinilai dapat menyokong ekonomi nasional.

Bahkan, fakta menarik muncul dari data yang dikeluarkan oleh BWI tahun 2018, aset tanah wakaf yang tercatat di Indonesia mencapai 4,3 Miliar meter persegi.

Lebih lanjut, dalam seminar tersebut, CEO BAW, Ust. Bobby Herwibowo mengungkap permasalahan yang sering dihadapi oleh para nadzir khususnya di Indonesia, yaitu munculnya aset wakaf “nganggur” yang seringkali berujung kepada kurang produktifnya nilai aset wakaf itu sendiri. Hal itu pula yang menjadi alasan dibentuknya Bank Aset Wakaf ini.

Dalam press confrence di waktu yang sama, para pendiri BAW menjelaskan peran BAW yang dapat bersifat koordinatif, kooperatif, konsultatif serta katalisator. Selanjutnya, BAW juga akan menggelar penyuluhan dan roadshow ke beberapa wilayah di Indonesia dalam rangka mengedukasi mayarakat tentang wakaf.

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by