Bagaimana Cara Menghitung Zakat Perdagangan?

Berita

Home » Berita » Bagaimana Cara Menghitung Zakat Perdagangan?

Assalamu’alaikum Sahabat Sinergi yang berprofesi sebagai entrepreneur, sudah menunaikan zakat perdagangannya belum?

Sebagai pengetahuan, zakat harus dikeluarkan untuk harta yang bertumbuh dan memberikan pemasukan atau keuntungan bagi pemiliknya. Contoh : hasil pertanian, peternakan, perdagangan, alat tukar (uang,emas,perak).

Zakat perdagangan juga termasuk ke dalam zakat harta/maal yang wajib dikeluarkan lho. Apabila telah mencapai nishab (senilai 85 gram emas) dan berlalu satu tahun Hijriyah (haul), maka wajib dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5%.

Dari Samurah bin Jundab: “Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam memerintahkan kami untuk mengeluarkan sedekah dari barang yang kami sediakan untuk perniagaan.” (HR Abu Daud dan Baihaqi)

Cara menghitungnya; Kekayaan dalam bentuk barang (stok barang yang diperjualbelikan) + Laba (berupa modal dan keuntungan, baik kas maupun bank, termasuk piutang) – Kewajiban (operasional, hutang, pajak, dan lain-lain) x 2,5 %

Sahabat, dalam Islam, dunia bisnis dan perdagangan dihitung zakatnya jika sudah masuk nishab senilai 85 gram emas (ambang minimal harta untuk zakat).

Bila telah sampai 1 tahun, maka hitung seluruh kekayaan, mulai dari: modal, laba, hingga simpanan di bank. Saat menghitung, barang tidak bergerak seperti bangunan toko, etalase, dan perabot lain tidak usah dihitung, karena yang diperhitungkan adalah barang bergerak.

Setelah itu, bayar dulu hutang jika memang ada. Jika telah mencapai senilai 85 gram emas, barulah dipotong 2,5% harta.

Contoh :

Seorang pedagang pada akhir tahun, memiliki total nilai barang dagangan sebesar Rp 200jt, laba bersih sebesar Rp 50jt. Sementara itu, ia memiliki utang dagang sebesar Rp 100jt. Zakat yang wajib dia keluarkan ialah : (200 juta – 100 juta + 50 juta) x 2,5% = Rp 3.750.000.

Sudah jelas ya sahabat! Sudah masuk nishab? Yuk segera tunaikan zakat!

Pilih rekening berikut untuk Transfer Zakat Sahabat:
Mandiri Syariah 700 097 4107
a.n Sinergi Foundation

BCA 008 305 3523
a.n Yayasan Semai Sinergi Umat

Atau KLIK Donasi di :
bit.ly/sinergizakat

Hubungi Kami untuk info dan konfirmasi di: Whatsapp/SMS 081 321 200 100
www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!