Zakat Kita Bantu UMKM Berkembang di Ciparay

Berita

“Ciparay Berdaya”, inilah yang menjadi penyemangat Heni Rosita dan suami ketika bergabung dalam program Mitra Usaha Berkah (MUB) tahun 2007 silam. Dalam program tersebut, UMKM lokal bisa memperoleh dana bantuan tunai yang berasal dari zakat untuk mengembangkan usahanya melalui mitra MUB.

“Waktu itu kami menerima dana sebesar Rp 20 juta yang diberikan 2 tahap. Alhamdulillah, sampai hari ini manfaatnya masih digulirkan bahkan kini jumlah penerima manfaatnya sudah mencapai 600 orang,” kisah Heni.

Heni amat berhati-hati ketika menyeleksi penerima manfaat agar dapat meminjam dana bergulir ini. Ia melakukan survei dan wawancara terlebih dulu sebelum memberi pinjaman.

“Kalau semisal ada yang minta pinjam Rp 2 juta, saya tanya digunakan buat apa. Kalau memang kebutuhannya untuk beli roda buat jualan, alternatifnya, roda kami belikan kemudian dia bayar menyicil untuk mengganti. Sebisa mungkin dana yang akan dipinjam memang kegunaannya jelas. Bukan untuk konsumtif pribadi,”

Alhamdulillah, dengan menerapkan sistem tersebut kebaikan ini kemudian dapat terus berjalan di Kp Lebak Biru, Desa Ciheulang, Kec. Ciparay, Kab. Bandung hingga 13 tahun lamanya.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya program ini karena menjadi ikhtiar penyelamatan umat dari jeratan rentenir. Karena di daerah kampung kecil begini amat rentan untuk terjerat riba. Tapi hadirnya pinjaman untuk usaha mikro ini menjadi solusi bagi warga untuk menaikkan taraf hidup.”

Jazakallah Sahabat yang telah mendonasikan zakatnya di Sinergi Foundation. Dengan #SinergiZakat kita bisa memberdayakan mustahik untuk lebih produktif.

www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!