mauquf alaih, wakaf, wakaf produktif, penerima manfaat, wakaf uang, wakaf, wakaf produktif, sinergi foundation, umat Islam, masalah sosial, wakaf uang, wakaf tunai, wakaf, wakaf produktif, wakaf, sahabat, raumah, abu thalhah, umar bin khattab, wakaf, masalah mendesak, umat, zakat

Zaman Sekarang, Waktunya Wakaf Uang

Sahabat, wakaf di zaman sekarang sudah lebih mudah lho. Wakaf tidak hanya sekadar masjid, tanah, atau pesantren. Bahkan, kini kita bisa berwakaf uang atau wakaf tunai.

Pakar Fikih Ustaz Ahmad Sarwat, Lc, MA mengatakan bahwa wakaf uang merupakan bagian dari wakaf yang diperbolehkan. Uang yang diwakafkan, akan dikelola dalam wakaf produktif, untuk kemudian nilai manfaat disalurkan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Wakaf uang itu sebenarnya termasuk wakaf juga, hanya saja pemberi wakaf tidak mengeluarkan harta berupa aset, melainkan berupa uang tunai. Tetapi uang tunai ini nanti diinvestasikan di dalam berbagai jenis usaha,” kata Ustaz Ahmad Sarwat.

Menurut beliau, pada hakikatnya, wakaf uang dengan wakaf aset yang diproduktifkan adalah sama, karena hasil dari usaha wakaf tersebut digunakan untuk kebermanfaat masyarakat luas.

“Sama saja dengan wakaf kebun kurma oleh Umar bin Al-Khattab, ujung-ujungnya yang akan diambil adalah hasil panennya tiap tahun. Nah, kalau pakai pakai wakaf uang, uangnya dibelikan kebun kurma dan hasil panennya tiap tahun akan memberikan manfaat dan mengalirkan pahala,” katanya.

Wakaf, berkembang sesuai dengan berubahnya zaman. Ia dapat diberdayakan dengan sangat fleksibel guna kepentingan umat. Sebab tujuan utama wakaf adalah untuk produktif dan berkembang, sehingga bisa memanfaatkan hasil dari benda yang diwakafkan.

Di Sinergi Foundation, wakaf uang bertransformasi menjadi sejumlah program: Kuttab Al Fatih, Quranic Learning Centre, Masjid Ramah Gempa Lombok, hingga Rumah Sakit Wakaf Ibu dan Anak (RSWIA). Dengan wakaf uang, kita bisa berwakaf dengan nominal berapapun secara fleksibel.

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by