zakat, tabungan, zakat, iman, zakat, zakat perusahaan, berkah, zakat. zakat profesi, zakat mal, sinergi zakat, harta, zakat harta, zakat,, zakat, ramadhan, bayar zakat, sinergi zakat, zakat, kewajiban zakat, sinergi zakat, harta, nishab, haul, zakat, ekonomi, harta, Islam, Rasulullah, zakat, nishab, muzakki, mustahik, zakat mal, zakat profesi, zakat, mudahkan urusan, muzakki, mustahik, dhuafa, zakat mal, zakat, muzakki, mustahik, berkah, zakat, dhuafa, muzakki, harta. zakat mal, zakat, sedekah, ZIS, wakaf, zakat profesi, zakat penghasilan, zakat, sedekah, infak

Zakat Sempurnakan Iman

Tahukah Sahabat, ternyata menunaikan zakat sama wajibnya dengan melaksanakan ibadah shalat. Bahkan dalam Al Quran, shalat dan zakat senantiasa disebut beriringan.

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapatnya (pahala) pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Baqarah: 110)

Ini menunjukkan bahwa ibadah tidak hanya seputar ketauhidan saja, tapi juga diseimbangkan dengan kepedulian kepada sesama yang membutuhkan melalui zakat.

Pun penyebutan shalat dan zakat dalam Al Quran menegaskan bahwa iman dipurnakan melalui amal kepada sesama manusia. Dengan demikian, shalat dan zakat adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan seorang muslim.

Karena itu, pada masa kepemimpinan Abu Bakar, beliau amat tegas menindak muslim yang menolak membayar zakat setelah Nabi Muhammad wafat.

Dari Abu Hurairah berkata, “…Abu Bakar berkata, ‘Demi Allah, aku akan benar-benar memerangi orang yang memisahkan antara shalat dan zakat. Zakat adalah haknya harta. Demi Allah, jika mereka menahan satu anak unta saja yang biasanya mereka serahkan kepada Rasulullah SAW. niscaya aku akan memerangi mereka karena menahannya.’

Umar berkata, ‘Demi Allah, tidaklah Abu Bakar kecuali aku telah melihat Allah Azza Wa Jalla telah melapangkan dada Abu Bakar untuk berperang. Lalu aku menyadari bahwa dia berada di atas kebenaran.’” (HR. Muslim)

Yuk, tunaikan zakat!

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by