lumbung desa, bambu

Sungkup, Cara Petani Lumbung Desa Budidaya Bambu

Melalui pembinaan dari pendamping Lumbung Desa, warga binaan di Selaawi Garut membudidaya tanaman bambu dengan metode sungkup. Kalau dilihat sahabat, sungkup ini menyerupai greenhouse, hanya saja jauh lebih kecil.

“Ini merupakan salah satu proses penyemaian bambu. Disemai dalam polibag yang diambil dari bagian rumpun bambu. Tepatnya bagian batang,” tutur pendamping Lumbung Desa, Yuyu Wahyu.

Dengan menggunakan plastik sungkup, akan membantu meningkatkan keoptimalan dari pertumbuhan tanaman. Pun selain itu, plastik sungkup ini mampu mengurangi resiko terjangkitnya atau terserangnya tumbuhan oleh hewan atau serangga yang biasa mengganggu tanaman.

Itulah sahabat, ragam kegiatan di Lumbung Desa. Selain di bidang pertanian, Sinergi Foundation juga memberdayakan masyarakat desa, dengan membudidayakan bibit bambu. Melalui program Lumbung Desa, keluarga petani diharapkan terberdayakan dan bisa merasakan nilai tambah dari bambu. Misalnya untuk dijadikan produk souvenir, kerajinan tangan, bungkus makanan, bahkan pangan rebung di rumah makan.

Semua aktivitas di Lumbung Desa ini didanai dari #SinergiZakat kita. Yuk wujudkan kesejahteraan bagi para petani dengan ber-#SinergiZakat. []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by