Wakaf dan Keutamaannya

Berita

Home » Berita » Wakaf dan Keutamaannya

Wakaf adalah salah satu sedekah yang istimewa, Sahabat. Karena itu, amalan wakaf memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri. Berikut adalah keutamaan dan keistimewaan dari amalan wakaf, diantaranya;

1. Kebaikan yang terus mengalirkan pahala
Manfaat wakaf jauh lebih panjang dan luas. Sebab, yang disedekahkan adalah hasil pengelolaan pokok wakaf. Karena itu, pahalanya akan terus mengalir sekalipun wakifnya telah wafat. Rasulullah SAW bersabda,

“Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga (macam), yaitu; sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakannya.” (HR Muslim)

2. Harta benda yang diwakafkan tetap utuh terpelihara
Secara prinsip, barang wakaf tidak boleh ditasarrufkan (dijual, dihibahkan, atau diwariskan), hilang, atau berpindah tangan. Sehingga, terjamin kelangsungannya.

3. Kebaikan tanpa batas
Manfaat dari wakaf akan terus dirasakan oleh orang banyak, bahkan lintas generasi. Karena yang dimanfaatkan oleh penerima wakaf adalah hasil pengelolaannya, sedang harta yang diwakafkan tetap utuh dan terjaga.

4. Bantu berdayakan dhuafa
Tak hanya membantu meringankan kesulitan kaum dhuafa, hasil dari wakaf juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi dan memberdayakan umat. Sehingga dapat memupus kesenjangan sosial.

5. Pahala berlipat ganda
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir tumbuh seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki, Dan Allah Maha Kuasa (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah: 261)

Nah, udah tau kan keutamaan wakaf. Tunggu apalagi? Yuk, #SinergiWakaf bersama Sinergi Foundation. Dan tebar lebih banyak kebaikan!

www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by