madinah, kota juara, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, prof kh miftah faridl, tolong menolong, taawun, wakaf, sinergi wakaf, prof kh miftah faridl, ketua mui bandung, harta, Islam, zakat, pahala besar, ramadhan, nabi dan rasulullah, bulan istimewa, bulan suci, puasa, shaum

Tolong Menolong dalam Berwakaf

Kesadaran berwakaf perlu ditingkatkan, sebabnya ketika meninggal nanti hanyalah wakaf sebagai amalan jariyah yang bisa dibawa pulang ke haribaan Allah, tutur Ketua Dewan Pembina Sinergi Foundation, Prof. Dr. KH Miftah Faridl dalam suatu kesempatan.

“Ketika di Alam Barzah nanti, sudah bisa merasakan nikmatnya wakaf. Di Barzah itu, shalat tidak bisa, dzikir tidak bisa, dakwah tidak bisa, tapi masih ada investasi abadi yang bisa dirasakan, yakni wakaf. Ada orang yang merasa bahagia karena sekian persen dari hartanya menempel menjadi wakaf, dan adapula yang menyesal karena harta yang ditinggalkannya tidak ada yang menjadi harta wakaf bahkan menjadi sengketa ahli waris,” jelas KH Miftah Faridl.

Berwakaf, lanjut KH Miftah, tak harus memiliki tanah atas nama pribadi melainkan bisa melalui wakaf dana abadi. “Wakaf ini bisa dilakukan secara berjamaah dengan mengumpulkan dana sesuai dengan kemampuan dan kesepakatan bersama,” katanya.

Tak harus nominal besar, papar Ust. Miftah, bisa dengan mengumpulkan uang sebesar Rp 10 ribu per bulan. “Nantinya setelah terkumpul, bisa untuk membeli lahan atas nama wakaf kemudian diproduktifkan, yang hasilnya bisa digunakan untuk kemaslahatan masyarakat.”

Mustahil? Tidak. Segalanya bisa terjadi, jika ada ta’awun (tolong menolong), bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak. “Karenanya tidak boleh sendiri-sendiri, hal ini seperti yang dinyatakan Allah dalam surah At Thaf itu, inna allaaha yuhibbu alladziina yuqaatiluuna fii sabiilihi shaffan ka-annahum bunyaanun marshuushun, Allah itu mencintai orang-orang yang berjuang itu dengan organisasi yang rapi, tidak sendiri-sendiri.”

“Sebab dengan bersinergi dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah, menjaga kesatuan umat Islam, meningkatkan kualitas pendidikan, bahkan menaikkan ekonomi umat,” terangnya menutup tausiyah. []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by