pupuk, organik, lumbung, desa, ciwangi

Gerakan Membuat Pupuk Organik di Lumdes Ciwangi

Pemberdayaan masyarakat terus dilakukan di Lumbung Desa (Lumdes) Ciwangi. Kali ini, kelompok wanita taninya melakukan gerakan pembuatan pupuk organik berbahan jerami. Raut wajah para petani begitu sukacita dan antusias saat melakukan pengomposan. Bahkan, antusiasme juga ditunjukan oleh para suami anggota poktan yang membantu pengangkutan dan pemotongan jerami.

Lumdes Ciwangi kini memang tengah giat menggunakan pupuk hayati. Sebab, mereka meyakini, seiring dengan pupuk yang berkualitas, tanah pun subur, dan akan ada kenaikan hasil panen. Pupuk organik pun terbilang cukup mudah dan murah, sebab warga Lumdes menggunakan berbagai limbah organik di sekelilingnya. Dalam hal ini, jerami padi tidak dibuang atau dibakar, tapi dibuat pupuk.

Kelompok wanita tani di Ciwangi telah lama menggarap lahan sayuran sekitar 20 tumbak. Dan kini, seiring dengan keberhasilannya, mereka akan menambah lahan garapan untuk ditanam berbagai jenis sayuran. Kelompok tani ini tak kalah dengan para petani pria. Dalam waktu singkat, aktivitas pertanian di sini tumbuh dan bisa meningkatkan perekonomian anggotanya.

“Malah, sudah mampu menumbuhkan jiwa wirausaha kelompok,” kata Rahmi, pendamping Lumdes Ciwangi.

Beri dukungan dan doakan terus para petani Lumdes ya sahabat! Semoga mereka terus berdaya dan mampu membangun desanya!

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.