Berdusta Sebabkan Petaka

Berita

Home » Berita » Berdusta Sebabkan Petaka

Diantara sikap tercela yang harus dijauhi seorang muslim adalah berdusta atau berbohong. Meski nampak sepele, namun dalam pandangan Islam, bohong bukanlah perkara ringan. Kebiasaan berbohong bahkan bisa menjauhkan keimanan pelakunya.

Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah menukil perkataan Ibnu Baththal Rahimahullah , “Apabila seseorang mengulang-ulang kedustaannya hingga berhak mendapat julukan berat sebagai pendusta, maka ia tidak lagi mendapat predikat sebagai mukmin yang sempurna, bahkan termasuk berpredikat sebagai orang yang bersifat munafik.”

Jika kebiasaan bohong ini terus dipelihara, maka lambat laun akan membunuh akal pikiran dan mengubur hati nurani. Sehingga, ia tidak hidup melainkan menimbulkan kerugian dan menyebabkan masalah.

Padahal Rasulullah selalu mengingatkan, bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang memberikan manfaat dan kebaikan kepada sesamanya.

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR Ahmad, Ath Thabrani, Ad Daruqutni)

Bahkan, kebaikan yang kita tebar tersebut, pun nantinya akan kembali kepada kita. Allah Jalla wa ‘Alaa berfirman; “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri…” (QS Al Isra: 7)

www.sinergifoundation.org

Agh
Author: Agh

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!