Edukasi Bambu di Lumbung Desa Selaawi

Berita

Home » Berita » Edukasi Bambu di Lumbung Desa Selaawi

Melalui kehadiran program Lumbung Bambu di Selaawi, Sinergi Foundation berupaya mengedukasi masyarakat agar turut terlibat dalam pembudidayaan bambu di Selaawi.

“Selama 3 tahun ke belakang ini kami terus mengedukasi masyarakat tentang pembibitan bambu melalui batang bukan bonggol. Alhamdulillah, saat ini sebagian warga Selaawi sudah melakukan pembibitan di rumahnya,” tutur Pengembang Lumbung Bambu, Idham Mustopha.

Di Selaawi Garut, potensi bambu ini begitu besar. Sayang, ini tidak diiringi dengan edukasi yang baik. Selama ini masyarakat menganggap tanaman bambu akan tumbuh sendiri. Sehingga belum ada upaya dari masyarakat untuk melestarikan. Ditambah, mereka belum memiliki ilmu pembibitannya.

Padahal tahukah Sahabat, ternyata bambu memiliki banyak manfaat untuk lingkungan sekitar kita.

Misalnya saja kemampuan bambu dalam menjaga ekosistem air dan erosi tanah. Sistem perakaran tanaman bambu yang rapat menjadikan lahan yang ditanami bambu menjadi sangat stabil dan mempercepat proses penyerapan air.

Selain untuk konservasi alam, bibit bambu juga bernilai ekonomi. “Peluang untuk menjual bibit bambu ini sangat besar. Selain karena banyaknya pengrajin di Selaawi, untuk bibit bambu yang langka juga dicari oleh kolektor bambu,” tukas Pendamping Lapangan Lumbung Bambu, Hasanudin. []

Agh
Author: Agh

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!