Amalan yang Bisa Kita Kerjakan ketika Hujan Turun

Berita

Home » Berita » Amalan yang Bisa Kita Kerjakan ketika Hujan Turun

Sejatinya, hujan yang turun adalah berkah dan rezeki dari Allah. Sebab, kembali menyuburkan tanah yang kering, membasahi ladang yang tandus, serta menghapus gersang pasca kemarau panjang.

Karenanya, ada beberapa amalan shaleh yang bisa kita lakukan ketika hujan turun, diantaranya;
1. Banyak bersyukur
Datangnya hujan adalah karunia. Karena itu, jangan lupa untuk bersyukur ya Sahabat. (HR. Bukhari no. 1032, Ahmad no. 24190, dan An Nasai no. 1523)

  1. Kesempatan terbaik untuk berdoa
    Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa sallam bersabda, “Dua doa yang tidak akan ditolak; doa ketika adzan dan doa ketika ketika turunnya hujan.” (HR Al Hakim dan Al Baihaqi)

  2. Berdoa ketika hujan lebat
    Ketika hujan turun begitu lebatnya, Rasulullah memohon pada Allah agar cuaca kembali menjadi cerah, “Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.” (HR Bukhari no. 1014)

  3. Jangan mencela hujan
    Jagalah lisan kita untuk tidak mengeluh ketika hujan datang. Sebab, dengan mencela hujan, artinya mencela Pencipta hujan yaitu Allah Ta’ala. Dan ini bisa mengundang murka Allah. Daripada mencaci maki, sebaiknya lisan kita digunakan untuk banyak bersyukur dan berdoa.

  4. Berdoa setelah hujan turun
    Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah begitu hujan telah reda ya, Sahabat. Agar menjadi keberkahan untuk kita.
    “…Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih’ (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah)…” (HR Bukhari dan Muslim) [Source: berbagai sumber]

www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by