Amalan yang Bisa Dikerjakan Meski Nisfu Sya’ban telah Lewat

Berita

Malam Nisfu Sya’ban adalah salah satu malam yang juga istimewa bagi muslim. Sebab di malam tersebut, Allah akan memberikan ampunan pada seluruh hambaNya yang beriman dan beramal shaleh.

Karena itu, di hari tersebut seluruh muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amal sunnah. Mulai dari melaksanakan puasa, bertaubat, memperbanyak doa, shalawat, beristighfar, hingga bertilwah Al Quran.

Lantas bagaimana jika terlewat? Melansir nuonline_id, ada tiga hal yang bisa dilakukan setelah malam nisfu Syaban. Berikut amalan yang bisa dilakukan pada bulan syaban sebelum memasuki Ramadan;

1. Membayar hutang puasa Ramadhan
Membayar hutang shaum Ramadhan dilakukan oleh muslim yang berhalangan syar’i melaksanakan shaum Ramadhan lalu. membayar hutang puasa bisa dilakukan dengan mengqadha atau juga membayar fidyah.

Usahakan hutang puasa Sahabat telah dibayar di bulan Sya’ban, sebagaimana yang dilakukan oleh Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Aku punya hutang puasa Ramadan, aku tak dapat mengqadhanya kecuali di bulan Sya’ban, karena sibuk melayani Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.” (HR Al Bukhari)

2. Memperbanyak puasa sunnah
Bulan Sya’ban merupakan waktu yang tepat untuk melatih diri agar terbiasa di bulan Ramadhan nanti, terutama bagi yang masih memiliki hutang shaum. Inilah kesempatan untuk membayarnya.

Menurut pengakuan ‘Aisyah RA, “Hanya di bulan Ramadhan Nabi Muhammad berpuasa satu bulan penuh dan saya tidak melihat Beliau sering puasa kecuali di bulan Sya’ban,” (HR Al-Bukhari)

3. Memperbanyak amal shaleh
Amal shaleh yang bisa kita lakukan selama bulan Sya’ban adalah menggiatkan shalat rawatib, shalat malam, tilawah Al Quran, sedekah, amal sosial dan lain-lain.

Semoga Allah mencukupkan umur kita sehingga bisa menjumpai Ramadhan tahun ini ya, Sahabat 🙂

Bagi Sahabat yang ingin membayar fidyah dapat mengunjungi LINK ini

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!