Adakah Zakat pada Rumah dan Kendaraan Kita?

Berita

Home » Berita » Adakah Zakat pada Rumah dan Kendaraan Kita?

Sahabat, ternyata zakat juga harus dikeluarkan dari rumah dan mobil yang kita miliki lho. Hanya saja, harus memenuhi kondisi tertentu sehingga terkena wajib zakat.

Rumah dan mobil yang dikeluarkan zakatnya apabila digunakan untuk mencari keuntungan dengan cara diperjualbelikan. Sebab rumah dan mobil ini sudah masuk dalam kategori barang dagangan. Lain jika rumah dan mobil yang Sahabat beli hanya untuk digunakan sendiri. Tidak ada kewajiban zakat atas keduanya.

Karena memang, harta yang dikenai zakat adalah harta yang berkembang. Bukan harta yang menetap atau digunakan untuk kebutuhan pokok. (Lihat Az Zakat karya Syaikh Dr. Abdullah bin Muhammad bin Ahmad Ath Thoyar, hal. 69-70)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda, “Seorang muslim tidak dikenai kewajiban zakat pada budak dan kudanya.” (HR Bukhari)

Cara menghitungnya; dikeluarkan jika sudah mencapai 1 tahun atau haul yang dihitung sejak mobil tersebut digunakan untuk mencari keuntungan. Zakatnya diambil 2,5% dari qimahnya atau harga mobil tersebut saat dijual. (Fatawa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’, 8: 66) []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by