adab, nasehat

Adab dalam Menyampaikan Nasehat

Nasehat merupakan tanda perhatian seorang muslim terhadap sesama saudaranya. Bahkan sepanjang hidupnya, Rasulullah senantiasa mengingatkan para sahabat melalui nasehat.

Pentingnya saling mengingatkan dalam kebaikan bukan berarti bisa seenaknya memberikan nasehat tanpa mengindahkan adab. Berikut adab-adab yang perlu kita perhatikan sebelum menyampaikan nasehat kepada saudara kita;

  1. Tidak menasehati di depan umum
    Al Hafizh Ibnu Rajab berkata: “Apabila para salaf hendak memberikan nasehat kepada seseorang, maka mereka menasehatinya secara rahasia… Barangsiapa yang menasehati saudaranya berduaan saja maka itulah nasehat. Dan barangsiapa yang menasehatinya di depan orang banyak maka sebenarnya dia mempermalukannya.” (Jami’ Al ‘Ulum wa Al Hikam, halaman 77)

  2. Menyampaikan nasehat dengan lembut, sopan, dan penuh kasih
    Memberi nasehat diumpamakan seperti membuka hati yang terkunci. Karena itu, tidak ada kunci yang lebih baik dan tepat kecuali nasehat yang disampaikan dengan lemah lembut, dilingkupi kasih sayang, serta penuh kesantunan.

    “Setiap sikap kelembutan yang ada pada sesuatu, pasti akan menghiasinya. Dan tidaklah ia dicabut dari sesuatu, kecuali akan memperburuknya.” (HR Muslim)

  3. Tidak memaksakan nasehat
    Seorang pemberi nasehat hanyalah seseorang yang menunjukkan jalan, bukan memaksa orang lain untuk mengikuti pesan yang disampaikannya.  Ibnu Hazm Azh Zhahiri mengatakan: “Janganlah kamu memberi nasehat dengan mensyaratkan nasehatmu harus diterima. Jika kamu melanggar batas ini, maka kamu adalah seorang yang zhalim…” (Al Akhlaq wa As Siyar, halaman 44)

  4. Mengharapkan ridha Allah Ta’ala
    Menasehati hendaklah diniatkan semata-semata memperoleh ridha Allah Ta’ala. Sebab, diterimanya sebuah nasehat, bukanlah karena kepiawaian kita menyampaikan nasehat tersebut. Tapi karena Allah yang membukakan hati orang tersebut melalui ikhtiar yang kita lakukan.

Semoga Allah memberikan kita sifat saling mencintai sesama dengan saling menasehati dalam kebaikan dan takwa. []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by