Home » Berita » Adab Saat Prank

Zaman sekarang, masyarakat sudah tak asing dengan istilah prank. Prank merupakan perbuatan iseng yang bertujuan untuk kesenangan, menguji nyali, atau hanya untuk melihat reaksi orang yang dijahili.

Dengan mudah, konten bertema prank dapat kita temukan dimana saja. Bahkan tak hanya di dunia maya, prank juga bisa kita alami sendiri. Baik oleh teman, sahabat, saudara, kerabat, bahkan keluarga.

Meskipun maksudnya bercanda dan bersenang-senang, bukan berarti bisa seenaknya. Dalam bercanda, ada batasan yang harus kita patuhi agar tidak keterlaluan dan menyebabkan pertengkaran.

Berikut adab-adab yang perlu kita perhatikan, sebelum bercanda dengan orang lain:

  1. Jauhi dusta
    Agar semakin lucu, tak jarang kita memasukkan kebohongan di dalamnya. Padahal berkata jujur harus selalu ditanamkan saat berbicara, baik ketika bercanda ataupun bukan.

  2. Jauhi kata-kata bathil
    Tak sedikit perselisihan muncul berawal dari candaan. Karena itu gunakan kata-kata yang baik, termasuk dalam bercanda.

  3. Tidak banyak tertawa
    Tertawa berlebihan adalah akhlak yang tercela. Banyak orang tertawa berlebih-lebihan sampai terpingkal-pingkal ketika bercanda. Ini bertentangan dengan sunnah.

  4. Jangan menghina dan mempermainkan agama
    “Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentu mereka akan menjawab: “Sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan bermain-main saja.” Katakanlah: “Mengapa kepada Allah, dan ayat-ayat-Nya serta Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?” (QS At Taubah: 65)

  5. Dilarang menakut-nakuti Muslim
    Menakut-nakuti seseorang dalam bercanda tidak dibolehkan karena hal tersebut menimbulkan keburukan.

www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by