rbc, imunisasi

RBC Ajak Member Mengenal Imunisasi untuk Anak

Kurangnya akses kesehatan untuk keluarga dhuafa, menjadikan mereka kekurangan informasi seputar kesehatan anak. Akibatnya, tak jarang para ibu ini melewatkan jadwal imunisasi buah hati mereka.

Padahal, imunisasi juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan virus. Karena itu pada penyuluhan ibu hamil kali ini, Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) mengajak para membernya untuk mendalami soal imunisasi.

“Imunisasi perlu didapatkan setelah lahir. Hal ini diperlukan untuk mencegah risiko penularan penyakit berbahaya di kemudian hari. Sayangnya, masih banyak anak-anak yang belum mendapat imunisasi lengkap karena kurangnya perhatian orangtua terhadap masalah ini,” papar dokter muda Unjani, Febby Wirananto.

Meski pada dasarnyadilahirkan dengan sistem kekebalan tubuh, lanjut Febby, namun dengan imunisasi akan membantu sistem imun memproduksi antibodi khusus untuk melawan jenis-jenis penyakit tertentu.

“Jika suatu saat nanti ada kuman yang aktif masuk ke dalam tubuh anak, sistem imunnya akan siap melawan dengan antibodi khusus tersebut. Hal inilah yang membantu anak terlindungi dari berbagai macam penyakit berbahaya.”

Imunisasi, imbuh Febby, memang tidak menjamin 100% efektif untuk mencegah penyakit. Namun, manfaatnya akan lebih besar dari risikonya. Jikapun anak tertular dan sakit, gejala yang dialami akan jauh lebih ringan dan mudah diobati ketimbang tidak diimunisasi sama sekali.

“Jika tidak mendapat imunisasi, anak akan lebih berisiko tertular dan mengalami sakit yang lebih parah. Mereka juga akan mempunyai risiko lebih tinggi untuk terkena komplikasi yang dapat menyebabkan kecacatan, bahkan kematian,” tukas Febby. []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by