Zakat Perusahaan : Besaran dan Ketentuannya

Artikel Zakat, Berita

Zakat dikenakan pada setiap harta produktif, termasuk dalam bidang usaha.

Besaran zakat perusahaan adalah 2,5 % dari hitungan laba bersih yang diperoleh secara satu tahun. Dalam UU No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat yakni pada pasal 4 ayat 3 ditegaskan bahwa zakat mal merupakan harta yang dimiliki oleh muzaki perseorangan atau badan usaha.

Salah seorang yang terlibat dalam pencetusan regulasi zakat perusahaan di Indonesia, Prof. Dr. Amin Suma mengatakan bahwa zakat perusahaan dikeluarkan setelah satu tahun perusaan mendapatkan laba.

“Fikih zakat mestinya dinamis, tentu tidak boleh melabrak rambu-rambu yang ada yang saya contohkan tadi, mengenai presentasenya, seperti 2,5%, 5%, 10% itu sudah abadi karena wahyu. Tinggal bagaimana berijtihad mengqiyaskannya, yang mana pun insya Allah sah,” kata Guru Besar Fakultas Hukum dan Syariah UIN ini.

Pakar perzakatan dan Anggota Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI Dr. Irfan Syauqi Beik mengatakan bahwa perusahaan merupakan muzakki yang terkena hukum wajib zakat, mengacu pada regulasi perzakatan di Indonesia yaitu fatwa MUI dan juga UU Zakat.

“Terkait badan usaha, para ulama perawi fiqh mengistilahkan dengan syahsiah qagniah atau syahsiah i’timaria, jadi badan seperti manusia,” kata Dr. Irfan. Kepala Pusat Kajian Strategis BAZNAS ini mengatakan bahwa perusahaan merupakan entitas tersendiri.

Melihat hal ini, maka para ulama di Indonesia mewajibkan perusahaan ini mengeluarkan zakat.

Menurut Dr. Irfan, perusahaan dilihat dahulu bagaimana jenisnya. Beberapa perusahaan tak bisa disamakan dengan perusahaan lain, umpamanya perusahaan di bidang jasa, perdagangan atau pertanian.

“Dihitungnya setahun sekali, patokannya laporan keuangan, kalau sudah ada financial report untuk perusahaan modern, maka keluarkan 2,5%, dari situ ketahuan posisi keuangannya bagaimana, lalu keluarkan zakatnya,” katanya.

Jika ada seorang yang hanya sebagai pemilik saham, lalu ia mendapat deviden, jika mencapai nishab, maka keuntungannya yang dikeluarkan.

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!