yordania, wakaf, pengelolaan wakaf

Pengelolaan Wakaf di Yordania

Sama seperti Arab Saudi, pun Yordania termasuk salah satu negara yang sukses menerapkan konsep wakaf produktif di negaranya. Di bawah Kementerian Wakaf Yordania, hasil wakaf produktif dari pertanian anggur, zaitun, kurma, dan badam, digunakan untuk kemaslahatan masyarakat.

Misalnya saja dimanfaatkan untuk membangun perumahan petani dan pengembangan tanah pertanian seluas 84 dunum (dunum adalah ukuran empat persegi dengan luas kira-kira 900 M2) di dekat Kota Amman. Mendirikan lembaga pendidikan di Amman, Yerusalem, Qalqiiliyyah, Khalil, Nablus, dan Junain. Mengalokasikan dana wakaf pada madrasah dan panti asuhan. Dan mendirikan 2 lembaga yang secara khusus mengurus dan menjaga peninggalan-peninggalan peradaban Islam.

Agar dapat terus memberikan manfaat, maka Kementerian Wakaf Yordania berupaya untuk mengembangkan harta wakaf melalui berbagai program yang sangat menunjang peningkatan harta wakaf. Misalnya saja menambah lahan pertanian dan mendirikan jasa percetakan untuk bisnis.

Dengan menerapkan pengelolaan yang tepat, Kementerian Perwakafan berhasil mendirikan berbagai lembaga yang sangat membantu kebutuhan fakir miskin mulai dari urusan pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan pokok lainnya seperti sandang, pangan, dan papan.

Source: bwi.or.id

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.