Mengapa Harus Tunaikan Zakat?

Berita

Home » Berita » Mengapa Harus Tunaikan Zakat?

Sahabat pasti bertanya-tanya, mengapa kita mesti menunaikan zakat?

Selain menggenapi kewajiban sebagai umat muslim, dengan menunaikan zakat kita juga mendapat keberkahan hidup lho. Sesuai dengan makna zakat sendiri sebagai Al Barakatu, yakni keberkahan.

Ibarat air hujan nih. Meski kita tampung ke dalam wadah yang bersih, tapi tetap saja ada kerikil, debu, atau dedaunan kering yang terbawa dan bercampur di dalamnya.

Agar bisa digunakan, kita harus saring terlebih dulu agar lebih bersih. Sama halnya dengan rezeki yang kita peroleh dari Allah. Ketika sampai di tangan kita, di dalamnya turut disertakan rezeki milik orang lain.

Maka, di sinilah peran zakat sebagai penyaring dan pembersih harta kita dari hak milik orang lain. Sehingga menjadikannya lebih berkah.

Tapi, bagaimana jika tidak kita keluarkan?

Sama halnya seperti air hujan tadi Sahabat. Kotoran-kotoran yang bercampur akan mengendap dan merusak air yang sudah kita tampung. Jika dikonsumsi, akibatnya bisa mengganggu kesehatan dan kenyamanan hidup kita.

Nah, dengan menunaikan zakat, harta dan jiwa kita akan dibersihkan. Pun Allah akan menurunkan rahmat dan berkah, sehingga hidup kita dan keluarga semakin berkah dan berlimpah kebaikan.

Rasulullah SAW bersabda, “Harta tidak akan berkurang karena sedekah (zakat) dan tidaklah Allah menambah bagi hamba yang pemaaf kecuali kemuliaan dan tidaklah orang yang berlaku tawadhu’ karena Allah melainkan Dia akan meninggikannya,” (HR Muslim)

Yuk, tunaikan zakat, dan peroleh keberkahan dalam harta kita!

www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by