4 Makna Zakat Ditinjau dari Segi Bahasa

Berita

Home » Berita » 4 Makna Zakat Ditinjau dari Segi Bahasa

Sahabat, selama ini kita diperintahkan untuk berzakat. Namun sebagai muslim, tahukah kita makna di balik zakat? Yuk simak beberapa makna dan faedah zakat di bawah ini:

1. At Thahuru
At Thahuru ini artinya membersihkan atau menyucikan. Makna ini menegaskan, menunaikan zakat dengan mengharap ridha Allah semata, maka Allah akan membersihkan dan menyucikan harta dan jiwa kita.

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS At Taubah: 103)

2. Al Barakatu
Al Barakatu artinya berkah. Maksudnya adalah, orang yang selalu membayar zakat akan selalu dilimpahkan keberkahan oleh Allah. Keberkahan ini lahir karena harta yang kita manfaatkan telah bersih dan suci dari hak orang lain.

“Dan, pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.” (QS Adz Dzariyat: 19)

3. An Numuw
An Numuw berarti tumbuh dan berkembang. Atas izin Allah, harta yang Sahabat zakatkan akan selalu tumbuh dan berkembang. Karena itu, menzakatkan harta tidak akan menjadikan seseorang jatuh miskin. Insya Allah, atas keikhlasannya menyisihkan sebagian hartanya, Allah akan membalasnya dengan lipatan kebaikan.

“Dan sesuatu riba yang kamu berikan agar dia bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka itulah orang-orang yang melipat gandakan.” (QS Ar Rum: 39)

4. As Shalahu
As Shalahu artinya beres atau keberesan. Bagi orang yang rutin menggenapi kewajiban zakatnya akan terlindungi dari masalah yang menyebabkan kerugian untuknya. Seperti pencurian, perampokan, kebangkrutan, kehancuran, kerugian usaha, dan lain sebagainya.

“Infakkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barakah rezeki tersebut.” (HR Bukhari) []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by