kurban

Memotong Kuku dan Rambut Saat Kurban

Benarkah, pekurban yang akan menunaikan ibadah kurban dilarang memotong kuku dan rambut jelang Raya Adha?

Dari Ummu Salamah Radhiyallahu ‘Anha, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda, “Jika telah masuk 10 hari pertama dari Dzulhijjah dan salah seorang di antara kalian berkeinginan untuk berkurban, maka janganlah ia menyentuh (memotong) rambut dan kulit yang tumbuh rambut sedikit pun juga.” (HR Muslim)

Karena itu, bagi Sahabat yang hendak menunaikan kurban, dilarang untuk memotong kuku dan rambut sejak memasuki tanggal 1 Dzulhijjah hingga penyembelihan hewan kurban nanti.

Adapun rambut yang dilarang untuk dipotong, mencakup seluruh rambut yang tumbuh di tubuh kita. Seperti rambut yang tumbuh di kepala, kumis, sekitar kemaluan, serta bulu yang tumbuh di ketiak. (Lihat: Bidayatul Faqiih, Karya Dr. Salim Al Ajmi, hal. 472)

Semoga Allah memudahkan niat dan ihtiar kita untuk menunaikan kurban tahun ini. Aamiin.

“Tidak ada amalan manusia yang lebih dicintai Allah pada hari Idul Adha, melebihi ibadah kurban. Karena kurbannya itu akan datang pada hari Kiamat dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan darahnya akan menetes di tempat yang Allah tentukan, sebelum darah itu menetes di tanah. Untuk itu hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR Tirmidzi)

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by