ciwidey

Cerita Irfan Berdayakan Masyarakat Ciwidey

Siapa yang tak mengenal daerah Ciwidey? Wilayahnya asri dan udaranya menyegarkan, juga memiliki beberapa destinasi wisata yang menjanjikan. Tak kalah dengan Lembang, Bandung.

Namun itu belumlah maksimal. Menurut Mohamad Irfan, awardee Impact Entrepreneur, Ciwidey memiliki potensi lain yang bisa dioptimalkan.

“Daerah Ciwidey memang berpotensi dalam mengembangkan sektor wisata. Misalnya di kampung dekat desa saya, kebanyakan masyarakatnya membuka tambak ikan. Itu menarik kalau dijadikan pusat edukasi,” tutur mahasiswa jurusan Program Statistika, Fakultas MIPA, Unpad ini.

Dengan membuka konsep desa wisata, lanjutnya, akan menjadi peluang bagi masyarakat desa untuk berkembang. Selain memanfaatkan lokasi, potensi lainnya adalah memberdayakan masyarakat dalam pengelolaan ikan menjadi panganan kekinian.

“Selama ini ikan hanya untuk dikonsumsi biasa, padahal ikan bisa diolah jadi cemilan yang lebih berdaya jual.”

Namun untuk membangun sebuah desa wisata, disadari pemuda yang akrab disapa Irfan ini, tidaklah mudah. Ia pernah beberapa kali membangun bisnis, namun kandas karena kurangnya ilmu.

“Pernah bikin usaha sarung bareng pengrajin, tapi ya karena belum bisa membangun tim, jadi tidak bertahan lama.”

Bergabung menjadi awardee ini merupakan kesempatan Irfan untuk mempersiapkan berbagai macam hal. “Di sini sudah disiapkan macam-macam tools untuk belajar model bisnis yang akan dikelola di masa mendatang. Untuk hal-hal administrasi juga, walaupun dasar tapi dibutuhkan dalam mengelola bisnis nanti,” tambahnya.

Semoga tekad irfan dalam mengembangkan desa wisata dapat segera terwujud ya, aamiin.

Mari bersamai ikhtiar para awardee Impact Entrepreneur dalam mengembangkan desa di Indonesia dengan #SinergiZakat di Sinergi Foundation. []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by