Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh

Berita

Home » Berita » Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh

Mewabahnya COVID-19 di Indonesia, memaksa masyarakat menerapkan pola hidup baru dalam keseharian mereka. Tak hanya memperhatikan soal kebersihan diri dan asupan makanan bergizi saja, melainkan juga menjadikan olahraga sebagai rutinitas harian.

Sebab seperti yang diketahui, virus corona rentan menular pada orang yang memiliki daya imun yang kurang baik. Olahraga pun dipilih sebagai ikhtiar dalam meningkatkan imunitas tubuh. Di antara sekian banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, bersepeda justru tengah digandrungi di Indonesia.

Meskipun menyehatkan, namun, tetap saja ada panduan yang harus diperhatikan agar kegiatan tersebut berlangsung aman. Seperti bersepeda sendiri di area yang tidak ramai, mengenakan masker atau pelindung wajah, menjaga jarak setidaknya 1,5 meter dari orang lain, dan mencari alternatif jalur yang tidak dilalui banyak orang.

Manfaat Bersepada bagi Kesehatan Tubuh

Selain memperbaiki daya imun tubuh dan menghapus stres, bersepeda juga memiliki manfaat lain dalam menjaga performa tubuh agar tetap prima. Berikut berbagai manfaat bersepeda untuk kesehatan;

1. Mengontrol Berat Badan
Rutin bersepeda tak hanya menurunkan kadar lemak dalam tubuh, tetapi juga meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, yang memungkinkan tubuh membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Bersepeda secara teratur atau maksimal 30 menit dalam sehari, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sebab, makin baik kinerja sistem peredaran darah, makin rendah pula risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan Kemampuan Otot
Ketika bersepeda, hampir seluruh otot dan sendi tubuh ikut bergerak. Maka dengan rutin bersepeda, otot dan sendi semakin terlatih sehingga menjadikan kita lebih fleksibel dan seimbang.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Lain
Selain merawat jantung, bersepeda juga mengurangi risiko penyakit kanker, diabetes, hingga osteoporosis.

Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu osteoporosis, namun, bersepeda merupakan bentuk latihan ideal bagi penderita osteoporosis. Karena dengan bersepeda akan menjadi latihan ringan pada sendi penderita osteoporosis.

5. Meredakan Stres
Berfokus pada jalan atau pemandangan saat bersepeda membantu meredakan stres dan mengembangkan konsentrasi. Sebab, bersepeda selama minimal 10 menit, bisa melepaskan hormon endorfin yang dapat menurunkan tingkat stres. Setelahnya, Sahabat mungkin akan merasa lebih percaya diri dan rileks.

Ternyata ada banyak sekali manfaat dari olahraga bersepeda ini ya, Sahabat. Sebelum bersepeda, jangan lupa periksa kondisi sepeda, lakukan pemanasan, dan bawa botol air, agar tubuh tetap terhidrasi.

(Source: dbs)

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by