lumbung desa, ciwangi, garut, petani, pupuk organik

LD Ciwangi Bergotong-royong Buat Pupuk Organik

Lumbung Desa Ciwangi melakukan gerakan pertama kelompok untuk pembuatan pupuk organik. Ini menjadi tahapan awal penyuburan tanah sayuran organik. Rencananya tanaman yang akan ditanam pertama sebagai lahan percontohan yaitu tomat dan mentimun.

Dari pantauan pendamping Lumbung Desa, antusias nampak terlihat di mata para anggota kelompok untuk melakukan gerakan tersebut. Pasalnya, menurut mereka belum ada yang berani turun langsung pendampingan kelompok tani di wilayahnya seperti yang dilakukan oleh tim Lumbung Desa Sinergi Foundation.

Ada sekitar 90 tumbak lahan bekas tanaman padi yang tandus, milik salah satu anggota yaitu Tata. Lahannya lumayan cukup jauh dari  akses jalan utama letaknya tepat berada pada perbatasan hutan, dan perlu tenaga ekstra menuju lahan tersebut.

Kelompok tani Harum Jaya 2 yang beranggotakan 12 orang yang baru dibentuk sekitar 2 bulan lalu atas inisiasi Ahmad sebagai warga dan pengurus di Pataruman yang kebetulan merupakan salah satu anggota gapoktan (gabungan kelompok tani) Lumbung Desa Ciwangi. Ahmad menuturkan bahwa kelompok  tani dilingkungannya sudah cendrung tidak bergerak dan banyaknya kelompok tani yang fiktif di Ciwangi membuat dia bertekad untuk membuat kelompok yang benar-benar jelas anggota dan gerakan kelompoknya.

Dengan adanya pola partisipatif yang disuguhkan oleh tim LD Ciwangi, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran berkelompok “menjadi orang sukses itu tidaklah mudah” , terlebih kelompok dilatih berfikiran terbuka dan peka terhadap setiap masalah yang ada di lingkungannya. Pun, kelompok dijadikan sebagai pusat usaha untuk kemajuan bersama.

Lumbung Desa adalah upaya mengembalikan Desa pada khittahnya: desa sebagai sumber pangan Indonesia, serta menciptakan kedaulatan pangan di Indonesia. Lumbung desa dengan konsep welfare society mendorong kesejahteraan masyarakat desa terus meningkat, kemiskinan terkurangi, menguatnya aset desa, meningkatnya produktifitas lahan dan semakin menguatkanya kapasitas masyarakat desa dalam berbagai hal.

Ditulis oleh Rahmi Indriyani, Gagan Setiawan, pendamping LD Ciwangi

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.