Kiprah Sinergi Foundation di Bisnis Berbasis Wakaf

Berita

Sinergi Foundation telah lama berkiprah di dunia wakaf produktif. Jika umumnya masyarakat masih mengenal wakaf itu untuk masjid, Sinergi Foundation ingin mengenalkan bahwa wakaf pun bisa diproduktifkan agar manfaatnya berlipat.

Salah satunya bahwa wakaf bisa digulirkan melalui bisnis atau usaha kuliner. Di Sinergi Foundation, bisnis kuliner berbasis wakaf dikembangkan secara integratif di Gedung Wakaf 99. Sejumlah usaha yang terletak di Jalan Sidomukti No. 99 H Bandung, dibangun dari wakaf produktif, dan sebagian hasilnya untuk sosial.

Apa saja?

  • Kedai Cuankie & Batagor Serayu: Sebuah kedai makanan favorit warga Bandung, Cuankie Serayu. Bisnis kuliner yang dananya berasal dari wakaf, dan hasilnya pun disalurkan untuk wakaf sosial bagi sesama.
  • Surabi Enhaii: Brand surabi kebanggaan Bandung dengan banyak cita rasa, dan semakin kaya rasa karena ada semangat berbagi di dalamnya.
  • Kopi Haii: Sebuah coffee shop yang tak hanya menawarkan canda & tawa dengan orang terdekat, tapi juga berbagi dengan sesama. Hanya dari satu cangkir kopi hangat yang dibeli.

Sederhananya, dana Wakaf Produktif yang dihimpun dari masyarakat diinvestasikan untuk pengembangan bisnis di usaha-usaha kuliner ini. Setelah bisnis berjalan dan mendapatkan benefit (keuntungan), semua hasil keuntungan tersebut dipakai untuk pengembalian pokok wakaf (dana wakaf yang terpakai dalam bisnis tersebut). Setelah pokok wakaf kembali, baru keuntungan selanjutnya bisa digunakan untuk dana operasional bisnis dan disalurkan untuk program sosial.

Sebagaimana tujuan wakaf pada dasarnya, wakaf di sektor bisnis ini pun tidak lain diperuntukkan untuk kemaslahatan umat. Sebab, hasil keuntungan yang mengalir dari semua aset bisnis tersebut juga disalurkan untuk program sosial di Sinergi Foundation seperti ; Rumah Bersalin Cuma-Cuma (Rumah persalinan gratis bagi ibu dhuafa), Kuttab Al-Fatih (sekolah islam gratis untuk semua kalangan), dan program sosial lainnya.

Insya Allah, donasi wakaf yang dihimpun dari masyarakat menjadi pahala jariyah, sebab harta yang Sahabat wakafkan tertahan pokoknya dan terus dijaga untuk dialirkan manfaatnya kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Jika anak keturunan Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang senantiasa mendoakannya.” (HR Muslim)

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!