FAQ Seputar Zakat Fitrah: Temukan Jawabannya di Sini!

Sebelum Hari Raya Idul Fitri di tanggal 1 Syawal kelak, Islam mewajibkan setiap muslim menunaikan zakat fitrah. Melalui Sinergi Foundation, kami pun mengajak para muzakki untuk menunaikan kewajiban ini. Terkait hal tersebut, kami pun menyusun FAQ tentang zakat fitrah. Berikut isinya:

Bagaimana standar Sinergi Foundation dalam mematok zakat fitrah?

Besaran zakat fitrah yang telah kami tetapkan bersama yakni bahan pokok berupa beras sebanyak 2,7 – 3 kilogram per jiwa (sama dengan satu sha’). Terkait besaran uang senilai beras, Sinergi Foundation menyerahkan pada muzakki, tergantung pada beras jenis apa yang muzakki konsumsi.

Langkah seperti ini diambil demi kehati-hatian dalam menjalankan ibadah. Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri menganjurkan 3 kilogram makanan pokok untuk zakat fitrah.

Bagaimana jika harga beras yang digunakan muzakki berbeda-beda?

Jika ditemukan kasus muzakki membeli beras dengan harga yang berbeda-beda, maka kami menyarankan untuk mengambil harga tertinggi dari yang biasa muzakki konsumsi. Namun jika terjadi kebingungan dalam penghitungan, maka kami membebaskan muzakki memilih dengan standar sebagai berikut:
– Rp 45.000 (3 Kg beras Rp. 15.000)
– Rp 42.000 (3 Kg beras Rp. 14.000)
– Rp 37.500 (3 Kg beras Rp. 12.500)
– Rp 33.000 (3 Kg beras Rp. 11.000)

Bagaimana jika ada selisih nilai zakat fitrah yang diberi muzakki dengan beras yang disalurkan?

Dalam kebijakan kami, seluruh dana zakat fitrah yang terhimpun akan 100% disalurkan untuk mustahik zakat fitrah. Nominal zakat firah tersebut akan dibelikan makanan pokok atau beras pada petani mitra kami di program Lumbung Desa, dengan harga minimal standar pasar. Jika timbul pertanyaan ke mana selisihnya disalurkan, maka kami akan tetap menyalurkannya dalam bentuk beras yang diproduksi Lumbung Desa untuk mustahik zakat fitrah.

Hal ini guna memberdayakan petani lokal, hingga penyediaan zakat fitrah di Sinergi Foundation sepenuhnya akan disediakan oleh petani Lumbung Desa mitra Sinergi Foundation. Dan akan disalurkan pula di sejumlah titik Desa Ramadhan – Sinergi Foundation. []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.