kebaikan, amal shaleh, niat, hawa nafsu, sedekah, ibadah shaum, menghargai sesama, puasa, mutiara hikmah, wakaf, manfaat, kebaikan, peradaban Islam

Dahsyatnya Wakaf, Manfaatnya Tanpa Batas

Sahabat, wakaf adalah energi yang dahsyat bagi umat Islam. Ia termasuk sedekah jariah yang tersambung kebaikannya meski meninggal. Tak heran jika pada masa Rasulullah, para sahabat berlomba mewakafkan harta demi kemaslahatan yang lebih luas dan kekal.

Misalnya ada Umar bin Khattab yang mewakafkan tanah subur di Khaibar. Sahabat mulia ini menyedekahkan hasil tanah kepada fakir miskin dan kerabat serta utk memerdekakan budak utk kepentingan di jalan Allah SWT, orang terlantar, dan musafir.

Lain hal dengan zaman kekhalifahan Umayyah, wakaf kesehatan menjadi perhatian khusus. Di era ini, banyak didirikan rumah sakit dan panti jompo. Pun di Abbasiyah, yang wakafnya berkembang hingga mampu menanggung gaji dokter dan perawat di dalamnya.

Sekarang, bukan tak mungkin kita mengulang kembali kejayaan wakaf. Al Azhar University, menjadi bukti masa kini bahwa dunia pendidikan pun dapat ditopang wakaf. Mari hadirkan solusi atas permasalahan umat, dengan kembali menyadari peranan penting wakaf. Semoga ia menjadi energi bagi kita semua untuk membangun masyarakat yang lebih baik. []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by