itsar, akhlak, tolong menolong, kasih sayang,

Akhlak Mengutamakan Orang Lain Atas Diri Sendiri

Sahabat, salah satu akhlak yang diajarkan Sang Nabi adalah sifat Itsar atau mendahulukan kepentingan orang lain atas diri sendiri. Para sahabat pun mengamalkan sifat ini dalam keseharian mereka.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu berkata, “Salah seorang dari sahabat Nabi shallallahu’alaihi wa sallam diberi hadiah kepala kambing, dia lalu berkata, “Sesungguhnya fulan dan keluarganya lebih membutuhkan ini daripada kita.”

Ibnu Umar mengatakan, “Maka ia kirimkan hadiah tersebut kepada yang lain, dan secara terus menerus hadiah itu dikirimkan dari satu orang kepada yang lain hingga berputar sampai tujuh rumah, dan akhirnya kembali kepada orang yang pertama kali memberikan.” (Riwayat al Baihaqi dalam asy Syu’ab 3/259)

Sikap Itsar ini mengandung sejumlah keutamaan, di antaranya:

  1. Sikap Saling Berkasih Sayang

Sikap perhatian yang diperhatikan kepada orang lain dapat menumbuhkan rasa kasih sayang. Itu sebabnya Rasulullah mengajarkan kepada umatnya untuk saling tolong menolong dan memberikan hadiah, agar tumbuh rasa kasih sayang terhadap saudara seiman.

  1. Melenyapkan Rasa Dengki

Sifat dengki sejatinya dimiliki oleh semua orang. Hanya saja ada yang tidak dapat menahan dirinya hingga kedengkian itu mengakar di dalam hatinya. Tolong menolong dan saling mendahulukan kepentingan saudaranya juga dapat menghilangkan kedengkian.

  1. Dimudahkan Urusannya di Dunia dan Akhirat

“Siapa yang melepaskan kesusahan seorang mukmin di dunia, niscaya Allah akan melepaskan kesusahannya di akhirat. Siapa yang memudahkan orang yang kesusahan, niscaya Allah akan memudahkan (urusannya) di dunia dan di akhirat. Dan allah selalu menolong hamba-nya jika hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR Muslim)

Masya Allah, demikianlah teladan yang benar-benar dibutuhkan di masa ini, agar benar-benar terjalin persaudaraan yang kuat, ukhuwah yang erat, serta mendatangkan berkah dan rahmat dari Allah SWT. []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by