Tahukah sahabat, wakaf adalah amal jariyah yang dianjurkan Nabi SAW untuk dilaksanakan oleh setiap muslim. Agar bisa terus mengalirkan kebaikan dan pahala, maka ada wakaf produktif yang menghasilkan surplus berkelanjutan.

Surplus dari wakaf produktif inilah yang menjadi sumber dana abadi bagi pembiayaan kebutuhan umat. Misalnya: pembiayaan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang berkualitan dan gratis.

Kalau bukan wakaf produktif dan hanya wakaf di sektor pasif, akan susah untuk membiayai kebutuhan umat. Seperti obat, alat kesehatan, kebutuhan gizi pasien, hingga gaji tenaga kesehatan seperti dokter atau perawat.

Itulah alasan wakaf produktif wajib bergerak di sektor riil yang menghasilkan surplus. Tujuan utamanya agar bisa memaksimalkan wakaf-wakaf di bisang sosial seperti rumah sakit atau sekolah.

Itu pula yang dilakukan Sinergi Foundation, yang kini memiliki sejumlah unit usaha bisnis berbasis wakaf. Bahkan karena kelihaiannya mengelola, Sinergi Foundation didaulat sebagai Nazhir Terbaik 2022 oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Berikut Portofolio Bisnis Berbasis Wakaf Produktif Sinergi Foundation:

1. Kuliner berbasis wakaf: RM Ampera Pasteur & Cuanki Serayu

Usaha kuliner khas Sunda yang sangat digemari masyarakat Bandung. Setiap bulannya, dua usaha ini selalu menyumbangkan puluhan bahkan ratusan juta untuk program sosial Sinergi Foundation.

2. Penyewaan Gedung Wakaf 99

Gedung ini milik masyarakat yang terbuka untuk kegiatan umum lintas komunitas dengan pola sewa. Dari hasil sewa inilah, yang lalu diputarkan untuk dana sosial dan operasional gedung.

3. Properti Syariah berbasis Wakaf Produktif

Sinergi Foundation membangun unit rumah di sejumlah perumahan syariah dengan dana wakaf. Lokasinya di Puri Nirwana Cigelam, Cluster Pesona Lembang, AJL Lembang, Syariah Jannati Residence, hingga Royal Orchid Village.

4. Wisata Halal berbasis wakaf

Sinergi Foundation juga memproduktifkan dananya untuk wisata halal di Land of Wakaf Teras Lembang. Areanya seluas 4 hektar, dan ada wisata berkuda, memanah, Kebun Anggrek, Petik Stroberi, dan Cafe Opieun.

5. Solar Cell di Masjid Istiqlal

Ini adalah penggunaan listrik tenaga surya dengan modal dana wakaf yang berada di Masjid Istiqlal Jakarta. Tujuannya untuk mendukung penggunaan energi ramah lingkungan, efektif, dan efisien.

6. Kafe Kampus Opieun Bandung

Ini adalah kafe kampus yang menawarkan berbagai menu khusus mahasiswa. Misalnya cireng, nasi goreng, mie, dan baso aci. Semuanya didanai dari dana wakaf produktif yang telah dihimpun.

Penyaluran Keuntungan Wakaf Produktif

Seluruh keuntungan atas usaha produktif itu disalurkan untuk berbagai program sosial di Sinergi Foundation. Ada pendidikan gratis bagi santri di Kuttab Al Fatih, akses kesehatan ibu-anak di Rumah Bersalin Cuma-Cuma, dan operasional pemakaman Firdaus Memorial Park.

Itulah sedikit portofolio kami di bidang wakaf yang diproduktifkan. Jika Anda tertarik dengan program-program wakaf di Sinergi Foundation, silakan klik link ini >>> DI SINI <<<

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!