Sedekah Para Sahabat Nabi

Berita, Inspirasi

Sedekah Para Sahabat Nabi – Di masa Rasulullah, sedekah menjadi amalan yang sangat digemari para sahabat. Bahkan, Umar bin Khattab selalu berlomba dengan Abu Bakar. Sebab, sosok Abu Bakar dikenal selalu terdepan dalam kebaikan.

Sedekah Para Sahabat Jadi Ajang Lomba Kebaikan

Maka, ketika Rasulullah memerintahkan para sahabat untuk berinfak, mereka pun berlomba untuk memberikan infak terbaik. Bahkan Umar bin Khattab sampai berkata dalam hati, “Semoga hari ini aku bisa mengalahkan Abu Bakar.” Beliau pun membawa setengah dari seluruh hartanya.

Rasulullah SAW pun bertanya kepada Umar, “Wahai Umar, apa yang kau sisakan untuk keluargamu?”

Umar pun menerangkan, bahwa ia meninggalkan setengah hartanya untuk keluarganya.

Kemudian, datanglah Abu Bakar RA, dengan membawa seluruh hartanya. Rasulullah SAW bertanya kepadanya, “Wahai Abu Bakar, apa yang kamu tinggalkan untuk keluargamu?”

Abu Bakar menjawab, “Saya tinggalkan untuk mereka Allah dan Rasul-Nya.”

Melihat hal ini, Umar berkata, “Demi Allah, aku tidak akan bisa mengalahkan Abu Bakar selamanya.”

Syekh Maulana Muhammad Zakariya Al Khandahlawi, dalam kitabnya yang berjudul Fadhilah Amal menerangkan, saling berlomba dalam amal shaleh dan kebaikan sangat baik dan disukai. Bahkan, Allah senantiasa mengingatkan hamba-hambaNya untuk selalu bersegera dalam kebaikan.

“Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada kami.” (QS Al Anbiyaa: 90)

Berlomba Kebaikan dengan Bersedekah

Kembali ke masa sekarang, bagaimanakah amalan kita? Sanggupkah meneladani sedekah para sahabat? Mari terus memperbanyak amalan shaleh satu ini agar tabungan di akhirat semakin menggunung.

Apalagi di zaman sekarang, sedekah sudah semakin mudah. Bisa dititipkan ke lembaga terpercaya dengan hanya duduk dari rumah. Tinggal keluarkan gadget, satu dua klik, maka tertunaikanlah amalan itu.

Sebagaimana beramal melalui Daily Sedekah dari Sinergi Foundation. Sahabat bisa bersedekah setiap subuh, setiap Jumat, atau kapanpun dan di manapun. Praktis, mudah, dan sangat fleksibel. KLIK DI SINI untuk sedekah di Daily Sedekah

www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!