Sedekah Membuat Bahagia – Sedekah ternyata tak hanya membahagiakan orang yang menerimanya, tapi kita pun sebagai pelakunya dapat merasakan bahagia.

Hal ini berdasarkan penelitian University of Zurich. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa perilaku baik hati dan peduli terhadap orang lain dapat memancing suatu sinyal di otak yang menaikkan tingkat kebahagiaan. Sebab itu, sedekah membuat bahagia.

Berdasarkan pemeriksaan fMRI (functional magnetic resonance imaging) memperlihatkan bagian striatum ventral dan korteks orbitofrontal yang mengalami peningkatan.

Sinyal kebahagiaan yang ditunjukkan pada bagian otak tersebut dihasilkan ketika kita bersedekah atau kebaikan dalam bentuk lainnya. Uniknya, sinyal ini dapat anjlok drastis ketika seseorang menjadi egois dan serakah.

Selain itu, berdasarkan penelitian lain, dengan berkomitmen untuk lebih dermawan saja, dapat mengaktivasi otak untuk meningkatkan kebahagiaan.

Bagi Muslim, Sedekah Membuat Bahagia, dan Lebih dari Itu

Dan bagi muslim, bersedekah tak hanya memberikan perasaan bahagia, tapi juga mempersiapkan bekal untuk akhirat. Terlebih Allah menyiapkan balasan yang luar biasa bagi muslim yang ikhlas mengamalkan kebaikan ini.

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: ‘Ditetapkan hukuman di antara manusia.’ Yazid berkata: ‘Abul Khair tidak pernah melewati satu haripun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR Al Baihqi, Al Hakim dan Ibnu Khuzaimah).

Dan dijelaskan pula dalam riwayat lainnya, bahwasannya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya.” (HR Ahmad)

Sahabat, perlindungan Allah ini hanyalah satu dari sekian ganjaran dari mengamalkan sedekah. Insya Allah, akan menjadi kebahagiaan pula saat di akhirat nanti karena termasuk golongan yang menerima keistimewaan ini.

Semoga Allah senantiasa menggerakkan hati kita untuk bersedekah ya, Sahabat!

Siap mendapat kebahagiaan dengan bersedekah? Kuncinya, pilih jugalah lembaga yang amanah dan memiliki program yang berkualitas, agar sedekah kita sampai pada yang benar-benar membutuhkan. Seperti yang dilakukan Sinergi Foundation, yang menyalurkannya untuk persalinan ibu dhuafa, santunan anak berkebutuhan khusus, petani, dan lainnya. KLIK DI SINI

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!