Pelajarilah Zakat Sebagaimana Belajar Shalat

Berita

Sahabat, kita kerap lupa, zakat dan shalat adalah rukun Islam yang sama penting kedudukannya.

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat.” (QS Al-Baqarah: 43)

Jika merujuk ayat ini, bukankah ini menunjukkan betapa sejajarnya shalat dan zakat?

Zakat sangat erat kaitannya dengan tauhid. Allah SWT bahkan menyatakan bahwa orang yang tidak menunaikan zakat adalah orang yang mempersekutukan-Nya.

“Dan kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukan-Nya, (yaitu) orang-orang yang tidak menunaikan zakat dan mereka kafir akan adanya (kehidupan) akhirat.” (Q.S Fussilat: 7)

Pun, ulama Dr Yusuf Al-Qhardhawi menyatakan zakat berfungsi sebagai pembeda antara keislaman dan kekafiran, antara keimanan dan kemunafikan serta antara ketakwaan dan kedurhakaan.

Sebab itu, wajib bagi seorang Muslim untuk memahami ilmu seputar zakat layaknya dia mempelajari ilmu tentang shalat. Dalam zakat ada banyak ketentuan yang harus dipahami dan diikuti. Ada perhitungan yang jelas dan ada cara pendistribusian yang spesifik.

Jika semua Muslim telah memperlakukan zakat seperti halnya shalat, maka insya Allah kesejahteraan akan merata di kalangan umat. (source: Republika)

Siap zakat? KLIK di sini

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!