Mengatasi Rasa Marah

Berita

Home » Berita » Mengatasi Rasa Marah

Ketika dihadapkan dengan situasi yang menyebalkan, sudah pasti kita merasa kecewa, sedih, bahkan jika bisa, ingin meluapkan kemarahan.

Walaupun amarah adalah tabiat bawaan manusia, tapi bukan berarti bisa dengan bebas diekspresikan lho Sahabat. Cek dulu penyebab dan situasinya. Salah-salah, kemarahan kita malah memperkeruh keadaan dan membuat terputusnya silaturahim.

Rasulullah bahkan kerap mengingatkan umatnya untuk menahan nafsu amarah, “’Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepada saya sebuah ilmu yang bisa mendekatkan saya ke surga dan menjauhkan dari neraka.’ Maka beliau Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda, ‘Jangan tumpahkan kemarahanmu. Niscaya surga akan kau dapatkan.’” (HR Thabrani)

Jika terlanjur emosi, Sahabat bisa menerapkan tips dari Syaikh Wahiid Baali hafizhahullah untuk meredam nafsu amarah, diantaranya:

1. Membaca ta’awudz
2. Mengingat besarnya pahala bagi orang yang bisa menahan luapan amarahnya
3. Mengambil sikap diam atau tidak berbicara
4. Duduk atau berbaring untuk menurunkan emosi
5. Meninggalkan celaan, makian, tuduhan, laknat, dan cercaan karena termasuk perangai yang buruk

Syaikh As Sa’di rahimahullah berkata, “Sebaik-baik orang ialah yang keinginannya tunduk mengikuti ajaran Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam, yang menjadikan murka dan pembelaannya dilakukan demi mempertahankan kebenaran dari rongrongan kebatilan. Sedangkan sejelek-jelek orang ialah yang suka melampiaskan hawa nafsu dan kemarahannya. ” (lihat Durrah Salafiyah). (Source: muslim.or.id)

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by