Mengapa Muslim Harus Punya Amal Jariyah?

Artikel Wakaf

Dalam Islam, kehidupan tak hanya selesai di dunia, tapi juga akan menempuh perjalanan panjang menuju negeri yang kekal abadi.

Karena itu, amat penting bagi muslim untuk benar-benar memberikan perhatian besar dalam mempersiapkan diri dan mengumpulkan bekal sebanyak-banyaknya. Jangan sampai kita menjadi golongan yang merugi karena lalai memanfaatkan waktu untuk beribadah dan beramal.

“Duhai, alangkah baiknya kiranya aku dahulu mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini.” (Qs Al Fajr: 24)

Sahabat, dunia sebagai tempat singgah sementara haruslah dimanfaatkan betul-betul dalam mencari bekal. Sebab tatkala seseorang meninggal, tiada hal lain yang bisa dibawa kecuali 3 hal, yakni amal jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang shaleh.

“Jika anak cucu adam mati maka semua amal perbuatannya terputus kecuali tiga hal; sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakan orangtunya.” (HR Muslim)

Dan melalui amal jariyah (wakaf), akan terus menebar kebaikan dan mengalirkan pahala bagi orang yang menunaikannya, bahkan setelah wafat. Inilah mengapa setiap muslim harus memiliki amal jariyah. Ketika tubuhnya telah dikebumikan, namun pahala kebaikan akan terus datang sehingga menyelamatkannya saat di akhirat nanti.

Sahabat ingatkan dengan dengan sumur milik Utsman bin Affan? Meski telah berusia 1440 tahun, sumur Raumah masih terus mengalirkan kebaikan.

Bahkan didekatnya terhampar kebun kurma yang luas. Panen dari buah kurma dijual oleh Departemen Pertanian ke pasar-pasar dan setengah hasil penjualan kurma diberikan kepada anak-anak yatim dan fakir miskin.

Meski ada istilah, ‘harta tak bisa dibawa mati’, namun harta yang telah menjadi amal kebaikan akan menjadi bekal terbaik kita di akhirat kelak. Wallahua’lam bishshawwab.

Sahabat, selagi ada kesempatan mari kita persiapkan sedekah jariyah untuk kehidupan akhirat. KLIK bit.ly/9in1-wakaf

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!