ramadhan, sedekah, puasa, wakaf, zakat, wakaf dan zakat, sri mulyani, filantropi, sinergi zakat, sinergi wakaf

Mengamati Dahsyatnya Peran Wakaf dan Zakat untuk Negeri

Medio Agustus 2017 lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa potensi zakat dan wakaf sangat besar. Bahkan, menurut Sri Mulyani, wakaf dan zakat dapat dikelola dengan lebih professional dan negara berkomitmen untuk mendukung gerakan wakaf dan zakat ini.

“Studi Kemenkeu, wakaf tunai bisa sampai triliunan rupiah, jika muslim mendonasikan wakaf tiap bulan karena jumlah umat muslim kita banyak. Ini tantangan bagaimana mensosialisasikan wakaf ini,” kata Sri Mulyani.

Hal senada disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo. Menurutnya, wakaf bahkan menjadi penguat perekonomian nasional, termasuk dapat menangkal resesi.

Sistem ekonomi syariah, yang pilarnya adalah wakaf menurut Agus dapat menjadi solusi ekonomi Indonesia yang berkesuaian dengan tujuan pembangunan. “Sistem ekonomi yang berlandaskan nilai-nilai syariah yang menjunjung tinggi keadilan, kebersamaan, dan keseimbangan dalam pengelolaan sumberdaya titipan Allah, akan menjadi salah satu jawaban yang tepat,” katanya.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Muhammadiyah Amin menyambut niat baik Kementerian Keuangan yang ingin memberdayakan zakat dengan dukungan negara. Menurutnya, terkait wakaf bahkan sangat minim sosialisasinya.

“Tidak ada orang khutbah Jumat atau ceramah tentang wakaf,” katanya.  Karenanya, masyarakat perlu merinci lagi seperti apa bentuk dukungan kepada sektor wakaf dan zakat yang saat ini.

“Sekarang tinggal teknisnya saja, kerjasamanya seperti apa, apa seperti peningkatan anggaran untuk sosialisasi wakaf yang masih minim, atau seperti apa,” katanya. []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by