Mencegah Virus Corona

Berita

Home » Berita » Mencegah Virus Corona

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan (seperti dikutip tirto.id), gejala virus corona akan muncul dalam 2 hingga 14 hari setelah pasien terpapar virus corona. Hingga saat ini, belum ada vaksin yang direkomendasikan untuk mengatasinya. Orang yang terinfeksi virus ini harus menerima perawatan intensif.

Gejala virus corona (2019-nCov) akan menyerang pernapasan. Penderita yang dikonfirmasi menderita penyakit ini dilaporakan memiliki ciri-ciri berikut : demam, batuk, dan sesak nafas. Cara terbaik untuk mencegah infeksi ini adalah dengan menghindari sumber virus ini. Ada beberapa tindakan pencegahan, diantaranya :

  1. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika air dan sabun tidak ada, bisa gunakan pembersih tangan berbahan alkohol.
  2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
  3. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
  4. Tetap dirumah saat sakit.
  5. Tutupi batuk atau bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah.
  6. Bersihkan dan disinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh.

Langkah diatas sebaiknya dilakukan setiap hari untuk pencegahan beberapa virus, termasuk corona. Investigasi terhadap virus corona ini sedang berlangsung.

Sebagai seorang muslim, mari terus berdoa dan meminta perlindungan dari yang Maha Menguasai alam ini. Karena sungguh, setiap peristiwa yang terjadi di hidup kita adalah berdasarkan kehendakNya.

Untuk terhindar dari penyakit berbahaya, Rasulullah SAW pernah mengucapkan doa ini :

ﺍﻠﻠﻬﻡ ﺍﻨﻲﺍﻋﻭﺬﺒﻚ ﻤﻦﺍﻠﺒﺮﺹ ﻭﺍﻠﺠﻨﻭﻦ ﻭﺍﻠﺠﺬﺍﻡ ﻭﺴﻴﻰﺀ ﺍﻻﺴﻗﺎﻡ
(Allahuma inni a’udzubika minal baroshi wal junuuni wal judzaami wa min sayyi-il asqoom)

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit yang jelek lainnya.” (HR Abu Daud, Imam Ahmad)

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by