lumbung desa, potensi alam, cigalontang, sinergi foundation, sinergi zakat, pertanian

Lumbung Desa Cigalontang, Dulu dan Kini…

Tahukah Sahabat, Desa Cigalontang, wilayah yang menjadi binaan di program Lumbung Desa pernah mengalami bencana besar puting beliung di tahun 2014 silam. Akibatnya, banyak potensi alam yang rusak hingga menghilangkan beberapa mata pencaharian penduduknya.

Salah satu faktor itu pulalah yang mendorong SF untuk menggarap wilayah ini sebagai desa binaan Lumbung Desa. Kini, aktivitas pertanian di Cigalontang lebih progresif.

Seperti yang dilakukan oleh 50 warga Cigalontang pada Kamis (28/3) kemarin. Mereka, yang terdiri dari para petani dan warga lokal, berbondong menanam bawang merah. Pengembangan budidaya bawang merah ini dilaksanakan sebanyak 3 tahapan dengan total bibit yang disemai sebanyak 90 kg.

Cigalontang memang menjadi salah satu desa yang dibina untuk mengembangkan budidaya sayur dan buah organik. Selain itu, berbagai aktivitas usaha produktif juga digalakkan disana seperti penyediaan sarana produksi pertanian (saprotan) hingga pembangunan huler.

Lumbung Desa menjadi ikhtiar kita untuk mendorong peningkatan kualitas pertanian serta taraf hidup masyarakat di daerah-daerah terpencil namun memiliki potensi alam yang menjanjikan.

Sahabat, program ini didanai dari #SinergiZakat kita, lho. Terima kasih ya, sudah bantu memberikan sumbangsih untuk para petani di Indonesia 😉

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by