Guna melatih kemandirian santri, Kuttab Al Fatih Cileunyi Sinergi Foundation menggelar kegiatan kamping di alam terbuka. Kali ini, sebanyak 96 santri berkemah di Kawasan Terpadu Wakaf Teras Lembang dari Rabu (21/09) sampai Kamis (22/09).

Kegiatan outdoor ini, merupakan bagian dari kurikulum pembelajaran Kuttab Al Fatih. Khususnya bagi santri yang berusia lebih dari delapan tahun.

“Secara umum, targetan kegiatan kamping ini untuk melatih kemandirian santri,” kata Kepala Sekolah Kuttab Al Fatih Sinegi Foundation, Egi Rusiandi, di Teras Lembang, Kamis (22/09).

Adapun secara khusus, bagi santri laki-laki kegiatan kamping ini sekaligus sarana untuk melatih fisiknya. Karena itu, mereka dilibatkan dalam rihlah, menyusuri Kawasan Terpadu Wakaf Teras Lembang.

“Dalam perjalanannya, ada empat sampai lima pos. Setiap pos memiliki target yang berbeda. Di antaranya ada pos tentang panca indera, tali temali, dan baris berbaris,” katanya.

Sementara itu, bagi santri perempuan target kemandiriannya lebih pada menjaga diri sendiri. Selanjutnya menyiapkan mereka menjadi calon-calon ibu, seperti belajar memasak.

“Mereka juga ada kegiatan berkebun dan memetik hasil panen di Teras Lembang,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan kemandirian ini juga berlaku untuk santri yang berusia di bawah delapan tahun. Adapun bagi mereka yang masih berusia di anara 7-8 tahun, mereka mulai dikenalkan dengan kegiatan kamping namun masih dekat dengan area Kuttab Al Fatih Cileunyi.

Sementara itu, bagi santri di bawah tujuh tahun, kegiatan kemandiriannya dimulai dengan pra mabit, mereka berkegiatan di Kuttab dari siang sampai Isya. Baru di semester kedua, mereka mabit dari pagi sampai besoknya lagi. []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!