Hukum Menemukan Uang di Jalan

Berita

Melihat uang tanpa pemilik di jalan, rasanya seperti mendapat rezeki nomplok ya. Eits, tapi tidak boleh langsung diambil dan dibelanjakan loh. Dengan mengambil harta tersebut, ternyata kita jadi berkewajiban untuk mengembalikan kepada sang pemilik.

Ustadz Adi Hidayat dalam kajiannya menyebutkan 2 hukum ketika menemukan barang berharga di jalanan;

1. Wajib dikembalikan
Jika sanggup dan mampu melacak pemiliknya, maka boleh diambil untuk dikembalikan. Sebab, hukum pertama ketika menemukan barang temuan adalah dikembalikan kepada pemiliknya, bukan digunakan, apapun itu. Baik itu tas, dompet, uang dan sejenisnya yang sekiranya berharga.

2. Tinggalkan atau bawa kepada orang yang mampu mengembalikan
Jika tidak memiliki kemampuan, ada 2 pilihan. Pilihan pertama, meninggalkan barang tersebut agar tanggung jawab untuk mengembalikan tidak berpindah kepada kita.

Atau yang kedua, infokan temuan barang tersebut kepada orang yang kita anggap lebih mampu untuk mengembalikan benda tersebut kepada pemiliknya. Orang yang kita rujuk itu benar-benar memiliki kemampuan untuk melacak dan mencari pemilik benda tersebut. Misalnya seperti pihak berwajib.

Tapi jika punya kemampuan dan ingin beramal shaleh sekaligus mencari pemiliknya untuk dikembalikan, maka pertama niatkan untuk beribadah kepada Allah. Niat ini paling utama karena boleh jadi Allah melembutkan hati pemilik barang tersebut sehingga ada manfaat yang didapatkan dari situ.

Maka yang dilakukan selanjutnya ikhtiarkan secara maksimal. Jika pada masa tertentu masih juga tidak ada kabar (3 tahun), walaupun barang tersebut tidak ada pemiliknya namun tidak bisa diambil seluruhnya. Hanya diambil 1/3 dari nilai barang, 2/3 sisanya disedekahkan.

Meski begitu, yang paling utama jika tidak memiliki kemampuan untuk mengembalikan, maka serahkan kepada yang lebih mampu. Atau jika menemukan, namun punya keyakinan mengenal pemilik barang tersebut, maka dibolehkan untuk diambil lalu dikembalikan.

Source: Muslim Saluran Dakwah

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Informasi!

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!