Selain wakaf sosial, masyarakat kini bisa melakukan donasi wakaf produktif. Ini adalah pengembangan konsep wakaf agar maslahat yang ditebar bisa lebih luas dan terasa oleh umat.

Donasi wakaf produktif adalah wakaf yang diputarkan di sektor bisnis atau komersil. Tapi keuntungannya mengalir untuk kepentingan sosial, seperti pendidikan atau pemberdayaan ekonomi.

Nabi SAW sendiri menganjurkan amal jariyah (amal dengan kebaikan mengalir) wakaf dilaksanakan oleh setiap muslim. Sehingga donasi wakaf produktif adalah jawaban tepat agar bisa memberikan manfaat berkelanjutan dan jangka panjang.

Sebab jika wakaf hanya berada di sektor pasif, seperti tanah atau kuburan, maka akan sulit untuk memenuhi kebutuhan umat. Padahal di Indonesia sendiri, permasalahan sangat banyak.

Adanya donasi wakaf produktif, manfaatnya bisa secara sustain dipakai untuk menyelesaikan permasalahan umat seperti akses kesehatan gratis, pendidikan gratis, dan pemakaman gratis.

Karena wakaf produktif adalah ibadah harta yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi sesama, maka keutamaanya pun besar. Allah SWT sendiri berfirman dalam QS Ali Imran ayat 92:

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.”

Wakaf Produktif Sinergi Foundation

Sinergi Foundation adalah lembaga yang concern dalam dunia wakaf sejak tahun 2011. Ia tercatat dalam Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai nazhir wakaf dengan surat nomor 3.3.00056.

Karena kiprahnya yang kreatif dan inovatif dalam mengelola donasi wakaf produktif, BWI pun sempat memberikan penghargaan pada Sinergi Foundation. Pada 2022, Sinergi Foundation meraih penghargaan sebagai Nazhir Terbaik di BWI Awards.

Portofolio Wakaf Sinergi Foundation

Sebagai lembaga wakaf, Sinergi Foundation memiliki beberapa aset wakaf produktif. Hampir semuanya diputar dalam sektor bisnis riil, yang memberdayakan UMKM lokal Indonesia.

Berikut portofolionya:
1. Rumah Makan Ampera Pasteur
2. Kafe Kampus Opieun
3. Kuliner Rumah Jenderal: Rumah Makan Khas Sambal Bakar, Liwetan, dan Sate
4. Cuanki dan Batagor Serayu
5. Sewa Gedung Wakaf Training Center
6. Land of Wakaf Teras Lembang
7. Gado-Gado Waras Mang Ihin – Pahlawan
8. Perumahan Syariah di Purwakarta, Lembang, dan Ciwidey
9. Kopi Haii
10. Soerabi Enhaii
11. Produk Fashion Yesa Malika
12. Ina Cookies

Alhamdulillah, hasil dari bisnisnya digulirkan untuk masyarakat membutuhkan. Bantuannya disalurkan melalui program sosial, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi di Sinergi Foundation.

Di antaranya: Pendidikan gratis untuk santri Kuttab Al Fatih, akses kesehatan gratis Rumah Bersalin Cuma-Cuma, operasional pemulasaraan Firdaus Memorial Park, dan lain-lain.

Kami mengajak sahabat untuk turut serta berkontribusi dalam donasi wakaf produktif Sinergi Foundation. Anda bisa menunaikan ibadah jariyah ini melalui link berikut >>> DI SINI <<<

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!