Ketika orang miskin ‘dilarang’ mati, lantaran tingginya biaya untuk penyediaan lahan pemakaman, Taman Wakaf Pemakaman Muslim “Firdaus Memorial Park” hadir sebagai solusi. Mulai dari prosesi memandikan, mengafani, menyalatkan, hingga memakamkan, plus penyediaan lahan pemakaman itu sendiri, murni cuma-cuma tanpa ada pungutan dalam bentuk apapun.

Saat orang berpunya merindukan ‘rumah’ masa depan yang nyaman, asri, ramah lingkungan, sesuai kaidah syar’i, serta lepas dari kepentingan bisnis yang berorientasi profit, “Firdaus Memorial Park” coba menawarkan alternatif pilihan terbaik, dengan pola wakaf.

Firdaus Memorial Park (FMP) lahir atas dasar pemikiran semakin sempitnya lahan pemakaman yang ada khususnya di daerah perkotaan, sedangkan menyediakan lahan pemakaman hukumnya fardhu kifayah (kewajiban kolektif).

Selain itu banyak pula lahan pemakaman di Indonesia yang tidak asri, tidak nyaman, dan tidak ramah lingkungan bahkan terkesan menyeramkan. Di sisi lain, biaya pemakaman di perkotaan, bisa mencapai jutaan rupiah. Hal ini tentu memberatkan keluarga dhuafa.

Sebab hal-hal diatas, Sinergi Foundation sebagai lembaga investasi wakaf melahirkan Program Firdaus Memorial Park yang dikelola dengan konsep wakaf, bukan bisnis atau komersil.

Wakaf hadir sebagai solusi. Firdaus Memorial Park, lahan pemakaman yang dibuat teruntuk mereka yang tak mampu membayar biaya kematiannya.

Dengan konsep wakaf, program ini mempertemukan mereka yang berpunya dan yang berkekurangan dalam satu pemakaman yang asri, nyaman, ramah lingkungan dan sesuai syariah.

Dengan begitu, stratifikasi sosial yang membelah si miskin dan si kaya pun terhapus.

 

 

*Disclaimer:
80% dana yang terhimpun melalui program ini akan disalurkan untuk program Firdaus Memorial Park, 20% untuk kegiatan syiar dakwah kelembagaan, sebagaimana yang tercantum dan tidak bertentangan dengan peraturan perundangan.

Penerima Manfaat Firdaus Memorial Park

32 Dhuafa di Makamkan Gratis Di Firdaus Memorial Park

Permasalahan pemakaman di Indonesia bukan hanya soal lahan, tetapi tingginya harga yang harus dibayar untuk memakamkan jenazah di pemakaman umum seringkali juga menyulitkan masyarakat dhuafa.

Hadirnya Firdaus Memorial Park (FMP), menjadi salah satu ikhtiar Sinergi Foundation menghadirkan solusi atas permasalahan ini.

Sebanyak 32 masyarakat yang berasal dari kalangan dhuafa telah mendapat pelayanan pemakaman gratis di FMP. Pelayanan tersebut mulai dari ambulance sampai penguburan.

Alhamdulillah, semuanya disupport dari dana wakaf. Setiap pewakaf yang berwakaf untuk program 9in1 wakaf di Sinergi Foundation, selain mendapat benefit kavling pemakaman untuk dirinya, ia juga turut menyediakan pemakaman gratis untuk dhuafa.

Lokasi Firdaus Memorial Park : Cikalong Wetan, KBB dan Nagrog Ujung Berung, Kota Bandung.

Insya Allah, untuk meluaskan kebermanfaatannya, kedepan FMP akan membuka lahan baru di Bogor. Mohon doa untuk kelancarannya ya, Sahabat Sinergi!

*Disclaimer:
80% dana yang terhimpun melalui program ini akan disalurkan untuk program Infak Operasional Firdaus Memorial Park, 20% untuk kegiatan syiar dakwah kelembagaan, sebagaimana yang tercantum dan tidak bertentangan dengan peraturan perundangan.