sedekah, lisan

Bersedekah dengan Menjaga Lisan

Amalan sedekah ternyata tidak sebatas memberi dalam bentuk materi saja. Membantu orang menyeberang, tersenyum kepada tetangga, bahkan menjaga lisan juga termasuk sedekah, Sahabat.

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada sedekah yang paling utama selain ucapan yang baik.” (HR Al Baihaqi)

Karena itu, sungguh beruntung muslim yang dapat menjaga lisannya dari perkataan buruk yang berisi caci-maki, celaan, fitnah, gibah, adu-domba, kebohongan, bahkan penipuan.

Dari perkataannya yang baik, seseorang telah bersedekah meskipun tidak berupa materi. Sebab orang lain mendapatkan manfaat dari perkataannya itu.

Tak hanya menjaga perasaan orang lain, dengan berkata baik kita juga telah menabung amal untuk kehidupan akhirat kita.

Ibnu Mas’ud pernah berkata kepada lisannya, “Wahai lisanku, ucapkanlah kata-kata yang baik, niscaya engkau akan beruntung. Atau diamlah, jangan umbar kalimat keburukan, niscaya engkau akan selamat. Waspadalah sebelum menyesal.”

Sahabat, di era kini, tak hanya lisan yang perlu dijaga, tapi tulisan kita di media sosial juga harus dijaga kesantunannya. Karena bisa menjadi sebab kita celaka di akhirat kelak.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda, “Sesungguhnya ada seorang hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dipikirkan bahayanya terlebih dahulu, sehingga membuatnya dilempar ke neraka dengan jarak yang lebih jauh dari pada jarak antara timur dan barat.” (HR Muslim)

www.sinergifoundation.org

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by