program lumbung desa, lumbung desa, pertanian organik, pemberdayaan, petani wanita, sinergi foundation, KWT

Berdayakan Masyarakat Binaan dengan Edukasi Pertanian Organik

Salah satu hal unik yang kerap dilakukan di program Lumbung Desa adalah edukasi dan praktek pertanian organik. Seperti ini misalnya. Masyarakat Cigalontang yang tengah budidaya pisang cavendish, diajari cara membuat Pupuk Organik Cair (POC) dan pestisida nabati.

“Oleh para pendamping program, masyarakat disiapkan untuk melakukan sistem pertanian organik sepenuhnya di pekerjaan mereka,” kata Dede, pendamping program Lumbung Desa di Cigalontang Tasikmalaya.

Dede menilai menggarap pertanian organik ini penting sekali, sebab mampu menghasilkan tanaman yang sehat dan tahan terhadap serangga, hama, dan penyakit.

“Tumbuhan yang ditanam pun akan semakin kaya nutrisi, mineral, vitamin, dan antioksidan. Untuk mengurangi hingga menghindari racun yang berbahaya dalam makanan, lebih baik menggunakan bahan dari pertanian organik,” lanjutnya.

Edukasi ini bagian dari bentuk pemberdayaan di Lumbung Desa lho sahabat. Ada banyak lagi yang tengah digencarkan di tengah masyarakat petani.

Semua kegiatan ini didanai langsung dari #SinergiZakat sahabat. Terima kasih ya, #SinergiZakat Kita bantu sejahterakan masyarakat desa.

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by