keutamaan sedekah, berbagi, sedekah, seni, sedekah, zakat, berbagi, wakaf, sedekah, amal jariyah, sedekah, hukum islam, non-muslim

Berbagi di Kala Sulit…

Rezeki adalah ujian dari Allah. Adakalanya berlimpah, adakalanya juga rezeki terasa sempit hingga hidup terasa sulit.

Walaupun begitu, kebaikan sebisa mungkin terus dikerjakan. Kata Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah, “Saat sulit tetap sedekah, saat lapang juga bersedekah. Jika berada dalam keadaan lapang, ia perbanyak sedekahnya. Jika dalam keadaan sulit, ia tetap berbuat baik walau sedikit.” (Taisir Al-Karim Ar-Rahman, hlm. 148)

Bagaimana kita bisa bersedekah jika kebutuhan diri sendiri saja tidak cukup? Nah, ternyata di sinilah letak keajaiban sedekah.

“Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (QS At Thalaaq: 7)

Sahabat, sesungguhnya sedekah bisa membuat rezeki yang sedikit sekalipun menjadi barakah, membuat yang sedikit menjadi cukup, dan yang sempit menjadi lapang.

Lebih luas lagi, balasan kebaikan dari bersedekah Allah limpahkan melalui karunia kesehatan, ketenangan jiwa, kebahagiaan, maupun bentuk kemudahan hidup lainnya, insya Allah.. []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by