sedekah, pagi hari, sinergi kebaikan, infak, amal shaleh, sahabat rasul, abdurrahman bin auf, kekayaan, sejarah, peradaban Islam, sedekah, dermawan, crazy rich, sedekah, non muslim, kemanusiaan, infak

Sedekah untuk Setiap 360 Ruas Tulang

Sahabat, pernahkah merenung, betapa banyak kenikmatan yang Allah berikan dalam tubuh kita? Bisa leluasa bergerak, lincah memainkan jemari, bahkan kaki kita tak pernah bingung mana yang harus terayun lebih dahulu. Semuanya selaras, hingga kita mampu bergerak fleksibel.

Nikmat itu berupa sendi di setiap ruas tulang. Dalam tubuh manusia, rupanya terdapat 360 ruas tubuh di berbagai bagian tubuh seperti tulang punggung, dada, bahu, paha, lutut, tulang ekor, dan lain-lain.

Tahukah sahabat, bahwa nikmat ini ‘tak gratis’? Dalam sabda Rasulullah, disebutkan:

“Dalam tubuh manusia ada 360 ruas tulang. Ia harus dikeluarkan sedekahnya untuk setiap ruas tulang tersebut.” Para sahabat bertanya: ”Siapakah yang mampu melaksanakan seperti itu, ya Rasulullah?” Beliau bersabda: ”Dahak yang ada di masjid lalu dipendam ke tanah (zaman dahulu lantai masjid masih berupa tanah), dan membuang sesuatu gangguan dari tengah jalan, maka itu berarti sebuah sedekah.” (HR Ahmad)

Ya, Rasulullah menganjurkan sedekah atas setiap nikmat yang Allah SWT berikan melalui 360 ruas tulang dalam tubuh kita. Bentuk sedekahnya pun sederhana. Rasulullah meminta kita untuk melakukan perbuatan baik seremeh apapun. Sehingga, 360 ruas tulang yang ada di tubuh ini dipergunakan hanya untuk berbuat baik.

Semoga kita termasuk orang-orang yang pandai mensyukuri nikmat-Nya, dan berlomba-lomba menunaikan kebajikan di muka bumi. Aamiin. []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

Assalamu'alaikum! Silakan tinggalkan pesan Anda, Sinergi Consultant kami siap untuk membantu.
Powered by