Berbagi Buat Hidup Lebih Bahagia

Berita

Home » Berita » Berbagi Buat Hidup Lebih Bahagia

Sebagai seorang muslim kita diminta untuk peduli dengan kesulitan sesama dengan menunaikan zakat atau bersedekah.

Tak hanya bernilai ibadah, sedekah juga bisa membuat hidup kita lebih bahagia lho. Berdasarkan penelitian University of Zurich, perilaku baik hati dan peduli terhadap orang lain dapat meningkatkan suatu sinyal di otak yang diikuti dengan meluapnya tingkat kebahagiaan.

Berdasarkan pemeriksaan fMRI (functional magnetic resonance imaging) memperlihatkan bagian striatum ventral dan korteks orbitofrontal yang mengalami peningkatan.

Sinyal kebahagiaan yang ditunjukkan pada bagian otak tersebut dihasilkan ketika kita memberi sedekah atau kebaikan dalam bentuk lainnya. Uniknya, sinyal ini dapat anjlok drastis ketika seseorang menjadi egois dan serakah.

Tak hanya itu, berdasarkan penelitian lain, dengan membuat komitmen verbal untuk bertindak lebih murah hati di masa depan, dapat mengaktifasi area tertentu di otak yang meningkatkan kebahagiaan.

Ternyata, untuk hidup bahagia itu mudah ya, Sahabat. Gak perlu liburan jauh-jauh atau ngehabisin uang untuk hal yang gak faedah, cukup berbagi makanan atau memberi air kemasan kepada petugas kebersihan juga sudah bisa bikin hidup kita lebih berarti.

Yuk, sedekah! []

Ayo Berbagi untuk Manfaat Tiada Henti
×
Open chat
Assalamualaikum, Sinergi Foundation!
Powered by